Klinik Land Rover, Spesialis ‘Bedah’ Landy

Klinik Land Rover, Spesialis 'Bedah' Landy

Banyak yang mengatakan mobil Land Rover ‘nggak ada matinya’. Ya, walau telah berumur, mobil pabrikan Inggris ini ternyata memiliki penggemarnya tersendiri, bahkan banyak pula yang cenderung fanatik. Maka tak heran, banyak klub Land Rover tumbuh subur di berbagai penjuru Tanah Air, dan mereka pun kerap mengadakan berbagai kegiatan untuk menunjukan eksistensi klubnya.

Memiliki mobil lawas seperti Land Rover, tentu tak lepas dari berbagai masalah teknis. Untungnya, pemilik dan penggemar mobil ini dibantu oleh kehadiran bengkel-bengkel spesialis yang menangani Land Rover. Salah satunya, seperti Klinik Land Rover yang beralamat di Jl. Dr. Sahardjo/Jl. Keselamatan I No.5, Jakarta Selatan ini.

Klinik Land Rover, Spesialis 'Bedah' Landy

Di Klinik Land Rover, saat Otoblitzclassic datang berkunjung, terparkir sekitar enam unit Land Rover dari berbagai tipe dan tahun pembuatan. Namun, umumnya Land Rover yang ditangani di Klinik Land Rover adalah tipe Series yang dulunya digunakan masyarakat Inggris sebagai kendaraan untuk membantu kegiatan bertani mereka, selain sebagai kendaraan militer tentunya.

Klinik Land Rover, Spesialis 'Bedah' Landy

Mugiono Subagio, sang pemilik bengkel Klinik Land Rover menceritakan, bengkel ini sebenarnya telah lama berdiri. Adalah alm. Subagio Sudjarwo, ayah Mugiono, yang membangun bengkel ini sekitar tahun 1979 silam. Saat itu, ia sering menerima orderan untuk memperbaiki mobil Land Rover yang sering digunakan oleh petinggi ABRI sebagai kendaraan militer.

Klinik Land Rover, Spesialis 'Bedah' Landy

Bahkan kala itu, melalui tangan terampilnya, Subagio berhasil membuat sebuah prototipe mobil untuk digunakan kedaraan militer di Indonesia, dengan mengadopsi mobil Land Rover Lightweight. Subagio memberi nama mobil prototipe buatannya ‘Banteng’.

“Sayangnya proyek tersebut harus berakhir, karena tidak disetujui oleh presiden karena nama ‘Banteng’ identik dengan salah satu partai politik,” kisah Mugi.

Klinik Land Rover, Spesialis 'Bedah' Landy

Hampir seluruh pekerjaan perbaikan Land Rover bisa dilakukan di tempat ini. Mulai dari urusan body repair, mesin, perbaikan interior, dan lain-lain. Namun, menurut Mugi, kebanyakan pelanggan yang datang ke tempatnya berniat ingin merestorasi mobil mereka.

Biaya untuk restorasi di bengkel ini berkisar Rp 30 juta hingga Rp 100 juta, dengan waktu pengerjaan sekitar 6 sampai 8 bulan,” jelas Mugi.

Klinik Land Rover, Spesialis 'Bedah' Landy

Dalam sebulannya, ada saja mobil yang masuk untuk ‘dibedah’ di Klinik Land Rover. Dan, mereka ternyata tak hanya datang dari wilayah Jabodetabek saja, namun banyak yang datang dari berbagai daerah yang jauh dari Jakarta. “Mobil yang paling jauh datang ke tempat ini adalah dari Papua,” ujar Mugi.

Nah, jika Anda memiliki masalah dengan Land Rover Anda, silakan coba datang ke Klinik Land Rover, atau silakan hubungi nomor telepon 021-8290300 atau 08129936056. **MS

TAGS

KOMENTAR (1)

  1. Lubis
    10 September 2019

    Saya mau nanya tentang sparepart tapi ada nomor yg bisa di hubungi