Punya Motor Listrik? Begini Cara Mudah Merawatnya

Punya Motor Listrik? Begini Cara Mudah Merawatnya

Memiliki efisiensi tinggi hingga suara mesih yang halus, membuat keberadaan motor listrik mulai digemari pada pecinta otomotif di Indoneisa. Apalagi jika menilik soal perawatan, sudah dipastikan motor listrik ini lebih mudah dibanding versi konvensional.

Tidak hanya itu, motor listrik juga dikenal lebih ramah lingkungan, karena tidak mengeluarkan emisi gas yang menyebabkan pencemaran udara di jalanan.

Punya Motor Listrik? Begini Cara Mudah Merawatnya

Nah, sebelum membeli sebuah motor listrik, kalian harus ketahui cara-cara merawatnya. Dan dibawah ini akan dijelaskan beberapa cara mudah dalam merawat motor listrik:

1. Mencabut Baterai jika Tidak Digunakan

Hal ini sebaiknya dilakukan, terlebih jika motor tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama karena baterai akan mengalami self discharge ketika motor dalam keadaan mati. Namun pastikan bahwa baterai dalam keadaan penuh terlebih dahulu. Selain itu,  dicharge selama sekitar 10 menit setidaknya satu minggu sekali, agar baterai tidak mudah drop.

Punya Motor Listrik? Begini Cara Mudah Merawatnya

2. Rutin Mengganti Van Belt

Van belt adalah komponen penting bagi motor listrik karena bertugas untuk menyalurkan tenaga menuju roda belakang sehingga kendaraan dapat melaju. Ketahanan umur dari van belt ini sendiri adalah 3000km dan harus selalu diganti jika sudah melewatinya.

3. Perhatikan Sistem Rem

Seperti pada motor konvensional, sistem pengereman juga menjadi perhatian khusus. Pastikan pengecekan  setiap 2 atau 3 bulan sekali pada bagian kampas rem.

Punya Motor Listrik? Begini Cara Mudah Merawatnya

4. Hindari Menggunakan Kompresor saat Motor Dicuci

Motor listrik memiliki semacam kisi-kisi udara yang bisa membuat celah air menyusup ke sistem kelistrikan di bagian kolongnya dan memungkinkan merusak sistem kelistrikan tersebut.

5. Usahakan Parkir di Tempat Teduh

Serupa dengan kendaraan lainnya, body motor listrik juga dapat kusam jika terpapar sinar matahari terus-menerus. Maka dari itu, untuk melindungi body motor listrik kesayangan Anda, gunakan cover motor yang terbukti kualitasnya.

Punya Motor Listrik? Begini Cara Mudah Merawatnya

Anda dapat memilih cover motor dengan bahan polyester WP yang tahan lama meskipun terkena ancaman dari cuaca jahat, knalpot, maupun besi plat. Tipe cover motor custom maupun reguler dari CoverSuper Indonesia dapat menjadi solusi bagi para pecinta motor listrik.

Dengan UV protector dan coating bening dapat menahan terpaan sinar matahari dan air sehingga tetap menjaga kualitas cat body motor dari kusam dan lecet.

KOMENTAR (0)