Adira Finance Resmikan SPKLU di Masjid Istiqlal

Adira Finance Resmikan SPKLU di Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini tidak hanya dikenal sebagai pusat ibadah, tetapi juga sebagai destinasi wisata religi yang dapat menampung hingga 120 ribu jemaah. Sebagai simbol kebanggaan nasional dan pusat kegiatan masyarakat, Masjid Istiqlal terus melakukan pembaharuan seperti renovasi dan penggunaan panel surya sebagai upaya mendorong kesadaran menghargai lingkungan dan energi terbarukan.

Menurut Hendri, Kasubdit Teknisi Masjid Istiqlal, sebanyak 504 panel surya telah terpasang pada bagian atap dan telah beroperasi sejak tahun 2020 lalu. Penggunaan panel surya tersebut dapat mensuplai 15% dari total seluruh kebutuhan operasional Masjid Istiqlal. Atas penggunaan ratusan solar panel tersebut, masjid ini menjadi tempat ibadah pertama yang memenangkan penghargaan “Green Mosque” dari International Finance Corporation (IFC) pada tahun 2022.

Adira Finance Resmikan SPKLU di Masjid Istiqlal

Sebagai bagian dari komitmen perusahaan mendukung adopsi energi terbarukan dan ramah lingkungan yang dilakukan Masjid Istiqlal, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) melalui Unit Usaha Syariah meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area Masjid Istiqlal, Jakarta.

Denny Riza, Direktur Adira Finance menyatakan, kami bersyukur dapat berkontribusi pada inisiatif hijau yang dilakukan Masjid Istiqlal melalui pemasangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Langkah ini tidak hanya meningkatkan fasilitas masjid, mendukung penggunaan energi yang ramah lingkungan untuk kendaraan, tetapi juga sejalan dengan visi perusahaan menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan.

Adira Finance Resmikan SPKLU di Masjid Istiqlal

Lebih lanjut, pemasangan SPKLU ini memiliki beberapa tujuan penting, diantaranya:

– Peningkatan Fasilitas Publik di Area Masjid Istiqlal

Kehadiran SPKLU menambah nilai fasilitas publik di sekitar Masjid Istiqlal, memberikan kenyamanan lebih bagi umat yang berkunjung dan beribadah. Fasilitas ini juga mendukung modernisasi infrastruktur masjid, menjadikannya lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat modern yang mulai beralih ke kendaraan listrik.

Dengan adanya EV Charging Station, Masjid Istiqlal dapat meningkatkan kualitas pelayanan bagi jamaah dan pengunjung yang membutuhkan solusi ramah lingkungan untuk transportasi.

– Mendukung Strategi Pemerintah dalam Adopsi Energi Terbarukan

Pemasangan SPKLU ini juga sejalan dengan strategi pemerintah Indonesia untuk mempercepat adopsi energi terbarukan. Langkah ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mulai menggunakan kendaraan listrik dan turut serta dalam upaya menurunkan emisi karbon.

Adira Finance Resmikan SPKLU di Masjid Istiqlal

– Sumber Pendapatan Tambahan melalui Wakaf Produktif

Selain manfaat lingkungan, SPKLU ini juga memiliki potensi untuk menjadi sumber pendapatan tambahan bagi Masjid Istiqlal melalui pengelolaan wakaf produktif. Keuntungan yang dihasilkan dari operasional stasiun pengisian kendaraan listrik ini dapat dialokasikan untuk pengembangan fasilitas masjid dan program-program sosial lainnya.

– Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah

Inisiatif ini juga bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat terkait pembiayaan syariah. Sebagai bagian dari komitmen Adira Finance dalam mendukung ekonomi berbasis syariah, inisiatif ini menjadi sarana untuk memperkenalkan masyarakat pada pembiayaan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, seperti kendaraan ramah lingkungan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Adira Finance Resmikan SPKLU di Masjid Istiqlal

Sebagai informasi, per Agustus 2024, Adira Finance mencatatkan pembiayaan baru di segmen syariah sebesar Rp 5,4 triliun atau mewakili 21% dari total pembiayaan baru. Untuk dapat mendorong pertumbuhan pembiayaan syariah, perusahaan akan terus melakukan kegiatan pemasaran, ekspansi dari kanal-kanal penjualan di komunitas syariah, serta memaksimalkan penjualan produk syariah khususnya non-otomotif seperti produk AMANAH (Adira Multi Dana Syariah).

KOMENTAR (0)