All New Suzuki Ertiga, Produk Lokal Kebanggaan Keluarga Indonesia

All New Suzuki Ertiga, Produk Lokal Kebanggaan Keluarga Indonesia

Diluncurkan pada tahun 2012, Suzuki Ertiga mampu menjadi mobil Low Multi Vehicle Purpose (LMPV) andalan keluarga Indonesia. Bahkan pada tahun 2013, penjualan kendaraan ini mampu mencapai 60 ribu unit dalam setahun.

Dan All New Suzuki Ertiga akhirnya resmi meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) pada tahun 2018 lalu secara world premier. Produk asli Indonesia ini pun kembali mampu menghipnotis konsumen setia Suzuki di Indonesia. Bagaimana tidak? karena All New Suzuki Ertiga hadir dengan ubahan yang cukup signifikan, mulai dimensi yang lebih besar dan bodi lebih panjang 130 mm yang diyakini membuat ruang kabin lebih luas.

All New Suzuki Ertiga, Produk Lokal Kebanggaan Keluarga Indonesia

Meski dimensinya semakin besar, All New Ertiga 2018 diklaim semakin irit dari generasi sebelumnya. Dimana saat dilakukan pengujian bersama BT2MP didapatkan hasil terbaik, yaitu 18,09 km/liter. Hasil ini lebih baik dari Ertiga generasi sebelumnya yang hanya 17,51 km/liter. Sedangkan untuk transmisi otomoatis, hasilnya Ertiga 2018 diperoleh 16,73 km/liter.

Kala itu, Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development and Accessories PT SIS mengatakan, peningkatan efisensi bahan bakar yang dihasilkan All New Ertiga berkat penggunaan paltform baru Heartect, sehingga membuat bobot kendaraan ini lebih ringan 50 kg dari pendahulunya. “Heartect sendiri merupakan rekonfigurasi terhadap sambungan plat-plat yang tadinya berbentuk kotak kini dibuat semi segitiga,” kata Yulius.

All New Suzuki Ertiga, Produk Lokal Kebanggaan Keluarga Indonesia

Tidak hanya itu, karena All New Suzuki Ertiga ini telah dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti Electronic Stability Program (ESP). ESP adalah teknologi yang memadukan antara pengereman optimal & kestabilan saat melaju di jalan licin dan berbelok dan mencegah oversteer serta understeer.

Ada juga fitur Hill Hold Control yang mencegah mobil mundur saat berada di permukaan yang miring. Kemudian Anti-lock Braking System mencegah penguncian roda saat terjadi pengereman mendadak di jalanan yang licin. Terakhir, Electronic Brake-force Distribution (EBD) membagi besarnya gaya pengereman pada masing-masing roda sesuai beban & kondisi pada roda.

All New Suzuki Ertiga, Produk Lokal Kebanggaan Keluarga Indonesia

Sementara Dony Saputra, Marketing Director 4W PT SIS mengungkapkan bahwa berbagai ubahan yang diberikan kepada All New Suzuki Ertiga merupakan apresiasi untuk pelanggan setia kami yang selalu turut memberi masukan dalam pengembangan produk.

“Perubahan-perubahan ini adalah kami buat sesuai kebutuhan dan keingin masyarakat. Jadi, kami optimistis All New Ertiga akan semakin terdepan dalam merebut hati masyarakat Indonesia dan akan terus menjadi kebanggan keluarga,” ungkap Dony.

All New Suzuki Ertiga, Produk Lokal Kebanggaan Keluarga Indonesia

Hingga saat ini, bisa dikatakan All New Suzuki Ertiga menjadi mobil favorit untuk berpergian bersama keluarga, karena selain memiliki kapasitas 7 orang penumpang mobil ini juga hadir dengan eksterior yang gagah dan tangguh.

Dan ditahun 2020 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga melakukan ubahan minor pada salah satu produk andalannya ini dengan memberikan beberapa tambahan pada tampilan interior dan warna baru yang membuatnya terlihat semakin mewah.

All New Suzuki Ertiga, Produk Lokal Kebanggaan Keluarga Indonesia

Adapun ubahan Suzuki All New Ertiga yang dihadirkan tahun 2020 ini lebih banyak terlihat pada bagian interior. All New Ertiga Ertiga tipe GL, GX dan Suzuki Sport kini memiliki second row center arm rest yang lama dinanti-nantikan pecinta Suzuki. Ubahan warna hitam pada interior juga dilakukan untuk tipe GX dan Suzuki Sport yang kini menjadi black with wood grain pattern.(

Kemudian pada tipe GL terdapat Digital AC panel, sedangkan di tipe GX terdapat 8 inch touch screen head unit with remote control.  Selain itu, pada bagian eksterior, Suzuki menampilkan warna baru brave khaki untuk tipe GL dan GX yang menggantikan warna pearl glorious brown.

All New Suzuki Ertiga, Produk Lokal Kebanggaan Keluarga Indonesia

Dengan adanya ubahan ini, PT SIS berharap penjualan All New Ertiga akan terus meningkat dan juga hadirnya ubahan ini tentu saja akan memberikan pilihan baru yang semakin sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.

Di pasar Indonesia sendiri, All New Ertiga ditawarkan dalam 7 varian, mulai All New Ertiga SS A/T (Rp. 255.150.000), All New Ertiga M/T (Rp. 245.350.000), All New Ertiga GX A/T (Rp. 243.850.000), All New Ertiga M/T (Rp. 234.000.000), All New Ertiga GL A/T (Rp. 230.500.000), All New Ertiga M/T (Rp. 220.700.000) dan All New Ertiga GA M/T (Rp. 201.900.000).

KOMENTAR (0)