Apakah ‘Sliding Door’ Mobil Perlu Perawatan? ini Penjelasannya

Apakah 'Sliding Door' Mobil Perlu Perawatan? ini Penjelasannya

Auto2000 menyediakan jenis mobil yang mengadopsi mekanisme pintu geser atau sliding door elektrik mulai dari MPV Sienta, lalu Voxy, Alphard dan Vellfire, untuk penumpang belakang.

Nah apakah sliding door ini perlu mendapat perhatian dan perawatan dari pemilik mobil? Tentu jawabannya iya. Namun itu tak sulit dilakukan, berikut cara mudah merawat pintu geser yang dapat dilakukan sendiri oleh AutoFamily.

Apakah 'Sliding Door' Mobil Perlu Perawatan? ini Penjelasannya

1. Jaga Kebersihan Sliding Door

Paling mudah untuk dilakukan adalah menjaga kebersihan di sekitar area kerja pintu geser, khususnya di bagian rel dan bantalan pemutar. Debu atau kotoran yang melekat pada rel dan roller sering menjadi masalah bagi pemilik mobil sliding door, terutama model elektrik. Dampaknya bisa membuat pintu susah menutup, bahkan rusak kalau dibiarkan.

2. Hati-Hati Air Hujan dan Bekas Mencuci Mobil

Cara kerja pintu geser elektrik tidak sesederhana pintu ayun yang hanya bermodalkan engsel. Terdapat banyak komponen digunakan, mulai dari roller, rel, pengunci, dan motor penggerak pintu untuk versi elektrik. Selain debu dan kotoran, air merupakan musuh utama pintu geser. Dalam jangka panjang, air dapat memicu karat yang merusak mekanisme penggeraknya.

Apakah 'Sliding Door' Mobil Perlu Perawatan? ini Penjelasannya

3. Hindari Genangan Air yang Tinggi

Ketika melihat ada banjir atau genangan air yang tinggi, sebaiknya juga dihindari. Jangan nekat melewatinya karena bisa memberikan dampak yang merugikan akibat penetrasi air kotor ke dalam mekanisme penggerak sliding door mobil.

4. Lumasi Komponen Penggerak

AutoFamily harus rajin melumasi komponen penggerak sliding door dengan cairan penetran untuk mencegah korosi dan melancarkan kerja roller. Jangan ditunda untuk mengeringkan setelah mobil terkena hujan dan berikan pelumas atau penetran dengan produk yang sesuai rekomendasi bengkel Auto2000.

Apakah 'Sliding Door' Mobil Perlu Perawatan? ini Penjelasannya

5. Perlakukan dengan Baik dan Halus

Jangan berlaku kasar seperti menghentikan laju pintu saat bekerja yang dapat mengakibatkan motor elektrik rusak. Ditambah, AutoFamily kurang sabar dan mendorong supaya pintu membuka atau menutup lebih cepat. Komponen seperti rel, kawat sling dan bantalan juga bakal menerima beban lebih berat. Tunggu sampai proses selesai, atau kalau mau cepat, silakan matikan dan lakukan buka-tutup secara manual.

6. Pastikan Aki Mobil Dalam Kondisi Prima

Operasional pintu geser sering dilakukan saat mesin mobil mati. Seperti diketahui, saat mesin mobil mati, kinerja kelistrikan disuplai oleh tenaga aki. Pastikan aki mobil dalam kondisi prima sehingga tidak bermasalah saat pintu geser elektrik digerakkan.

KOMENTAR (0)