Aprilia RSV4 XTrenta, Dibekali Teknologi MotoGP

Aprilia RSV4 XTrenta, Dibekali Teknologi MotoGP

Bertepatan untuk memperingati 30 tahun keikutsertaan Aprilia di ajang Grand Prix, pabrikan motor asal Italia itu meluncurkan RSV4 Xtrenta.

Aprilia RSV4 XTrenta merupakan motor produksi pertama yang dibekali beberapa fitur dari MotoGP. RSV4 XTrenta Ini menggunakan proses PAN Compositi yang sama dengan yang digunakan oleh tim MotoGP.

Artinya, motor yang diperuntukan hanya di sirkuit ini, mendapatkan perlengkapan aerodinamis yang sama dan winglet belakang yang mirip dengan RS-GP. Tak ketinggalan under-wing yang dipasang di lengan ayun untuk membantu mengatur suhu ban.

Aprilia RSV4 XTrenta, Dibekali Teknologi MotoGP

Untuk fitur, RSV4 XTrenta dibekali unit control Magneti Marelli yang dikalibrasi khusus, dan instrumen kluster balap JetPrime. Lalu, pada bagian kaki-kaki mengandalkan suspensi Ohlins yang disempurnakan dan penggunaan pelek magnesium Marchesini M7R genesi yang dibalut ban Pirelli Diablo Superbike.

Pelek ini disandingkan dengan cakram T-drive 330 mm berkaliper moblok billet Brembo GP4-MS. Selain itu, penggunaan footstep, tuas setang, dan tutup tangki dari Spider.

Aprilia RSV4 XTrenta, Dibekali Teknologi MotoGP

Soal performa, Aprilia merevisi mesin V-4 DOHC berkapasitas 1.099 cc ini dengan meningkatkan rasio kompresi. Lalu, penggunaan sistem pembuangan SC-Project karbon titanium.

Alhasil, motor edisi spesial ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 230 dk. Untuk memastikan mesin berjalan pada suhu optimal, XTrenta dibekali fitur radiator air dan oli Taleo Tecnoracing yang dipakai di ajang World Superbike (WSBK).

Aprilia RSV4 XTrenta, Dibekali Teknologi MotoGP

Pabrikan Noale itu kabarnya hanya memproduksi 100 unit RSV4 XTrenta saja dengan harga sekitar EUR50.000 atau sekitar Rp 739 jutaan. Pihak Aprilia akan membuka pesanan motor ini melalui situs resmi mereka saja.

KOMENTAR (0)