BMW CE 04, Skuter Listrik Terbaru BMW Motorrad

BMW CE 04, Skuter Listrik Terbaru BMW Motorrad

BMW CE 04 resmi dilepas sebagai skuter listrik terbaru keluaran BMW Motorrad. Motor listrik ini ditawarkan dengan banderol Rp 171 jutaan. Sebetulnya ia bukan skuter listrik pertama pabrikan asal Munchen. Sebelumnya sudah ada C Evolution yang diniagakan sejak 2014 hingga 2020. Namun untuk menandai babak baru dalam strategi perusahaan, lahirlah CE 04.

Melalui iterasi ini, tampilan umum CE 04 cukup konsisten. Bagian paling mencolok adalah bodinya yang rendah dan panjang. Faktor bentuk ini memungkinkan BMW untuk menempatkan modul baterai yang panjang dan rata di bagian bawah bodi motor, memberikan geometri tetap rendah.

BMW CE 04, Skuter Listrik Terbaru BMW Motorrad

Desainnya juga dirancang untuk mengoptimalkan pembuangan panas yang dihasilkan dari baterai lithium-ion 147,6 volt. Dengan menambahkan pelat dan sirip pendingin yang diatur secara longitudinal di bagian bawah.

Bagi BMW, baterai yang terlalu panas bakal berdampak pada masa pakai. Pada saat yang sama, pihaknya juga tidak ingin penghimpun tenaga setrum itu menjadi terlalu dingin karena suhu yang terlalu rendah. Lantaran dapat memengaruhi resistansi internal sel, yang dapat mengurangi daya.

BMW CE 04, Skuter Listrik Terbaru BMW Motorrad

CE 04 membawa baterai memiliki kapasitas 60,6 Ah (8,9 kWh). Waktu pengisian dari 0 hingga 100 persen mencapai 4 jam 20 menit dengan kabel pengisian Level 1 yang disediakan. Dan 1 jam 40 menit dengan kabel pengisian Level 2 (opsional). Pihaknya juga mengklaim untuk pengisian Level 2 bisa menambah daya dari 20 ke 80 persen hanya dalam 45 menit.

Baterai juga dapat mengisi kembali energinya saat CE 04 meluncur. Ketika throttle ditutup, daya kinetik diubah menjadi energi listrik dengan motor listrik bertindak sebagai generator. Torsi tarikan dari pemulihan tenaga ini juga menciptakan efek pengereman mesin saat melepaskan gas, memberikan perasaan yang sama seperti skuter yang boros bahan bakar.

BMW CE 04, Skuter Listrik Terbaru BMW Motorrad

Sekuter ini dilengkapi dengan motor magnet permanen berpendingin cairan, yang mengklaim output maksimum 42 hp pada 900 rpm dan torsi 57 Nm pada 1.500 rpm. Penggerak dipasang di belakang baterai dan di depan roda belakang, dengan radiator diposisikan di depan. Torsi ditransmisikan melalui gearbox primer satu tahap dengan penggerak sabuk sekunder.

BMW mengklaim CE 04 memiliki kecepatan maksimum 120 kpj (75 mph), dengan waktu 0 hingga 50 kph (sekitar 0 hingga 31 mph) hanya 2,6 detik. Pihaknya juga mengklaim baterai dalam keadaan penuh dapat memberikan jangkauan hingga 80 mil (128 Km).

BMW CE 04, Skuter Listrik Terbaru BMW Motorrad

Dibekali suspensi teleskopik 35 mm yang menawarkan travel 4,3 inci di depan. Roda belakang dipasang ke lengan ayun satu sisi dan digantung oleh penyangga tunggal yang menawarkan jarak 3,6 inci. CE 04 dilengkapi dengan ban depan 120/70 R15 67H dan ban belakang 160/60 R15 56H.

Kendaraan modern ini tersedia dalam warna Light White seharga Rp 171 jutaan dan Magellan Grey Metallic Avantgarde dengan menambahkan Rp 3,2 jutaan. Sedang Paket Premium Rp 24 jutaan ditawarkan dengan lampu depan adaptif, ABS Pro, mode Dynamic ride, kabel pengisian Level 2, monitor tekanan ban, dan kursi berpemanas. Dan mulai didistribusikan pada 2022.

KOMENTAR (0)