Bodi dan Rangka Mobil Beresiko Keropos, Begini Merawatnya

Bodi dan Rangka Mobil Beresiko Keropos, Begini Merawatnya

Tidak hanya sepeda motor, rangka dan bodi mobil juga memiliki resiko keropos akibat terserang karat. Layaknya penyakit kanker, karat sering tidak terdeteksi dan menjadi masalah besar ketika sudah menyebar. Ketika sampai di sini, butuh perbaikan yang kompleks dan mahal, apalagi kalau sampai bodi mobil keropos.

Yanto Rudianto, Body Paint Analyst Auto2000 mengatakan, karat merupakan hasil korosi, yaitu proses oksidasi pada logam yang cepat menyebar dan memiliki efek samping yang merugikan. Serangan karat sulit untuk dideteksi dan menjadi masalah besar bila tidak segera ditangani, seperti bodi keropos dan rapuh. Mobil telah dilapisi bahan anti karat, namun tidak semua area logam terlapisi dan ada risiko terkikis seiring pemakaian.

Bodi dan Rangka Mobil Beresiko Keropos, Begini Merawatnya

Bagian Mobil Rawan Karat

Bagian mobil yang paling rawan terkena karat adalah kolong mobil, khususnya sasis atau rangka, akibat sering terkena kotoran dari cipratan roda saat melintasi jalan basah. Berikutnya adalah engsel pintu yang merupakan jalur air lewat sehingga sering dalam kondisi basah dan mudah muncul karat bila tidak dibersihkan.

Setiap mobil memiliki jalur air agar tidak menggenang, tetapi bila tidak dikeringkan berpotensi menimbulkan karat. Selanjutnya adalah atap yang paling sering terkena air hujan tapi lupa dibersihkan.

Bodi dan Rangka Mobil Beresiko Keropos, Begini Merawatnya

Pemicu Karat Tumbuh di Mobil

Air hujan memiliki kandungan mineral yang tinggi, padahal punya sifat korosif yang dapat mengikis lapisan cat mobil. Ditambah, hujan di daerah perkotaan yang polutif punya tingkat keasaman yang tinggi. Air laut juga memiliki kandungan mineral dalam garam yang tinggi, sehingga mobil yang beroperasi dekat dengan laut mempunyai risiko terkena karat lebih besar.

Bodi dan Rangka Mobil Beresiko Keropos, Begini Merawatnya

Cara Cegah Karat Tumbuh di Bodi Mobil

Risiko terdampak karat dapat dikurangi dengan perawatan mobil, seperti rutin mencuci mobil sebagai langkah awal yang krusial. Perhatikan lokasi mencuci, jangan di bawah terik matahari yang membuat air cepat menguap padahal kotoran masih tertinggal. Hindari mencuci di bawah pohon karena ada risiko terkena getah pohon atau kotoran binatang, atau mencuci di malam hari karena mobil susah kering dan menjadi lembab.

Bodi dan Rangka Mobil Beresiko Keropos, Begini Merawatnya

Gunakan Lapisan Anti Karat

Pelapisan anti karat umumnya dilakukan di kaki-kaki mobil, dan bagian dalam fender mobil, ditambah rongga di dalam ruang mesin dan panel pintu. AutoFamily yang ingin melakukan pelapisan anti karat dapat order via Auto2000 Digiroom => Purna Jual => Aksesoris. Silakan pilih layanan anti karat sesuai jenis mobil dan dapatkan promo berupa diskon biaya pengerjaan.

KOMENTAR (0)