BYD Kembangkan Teknologi Blade Battery, ini Keunggulannya

BYD Kembangkan Teknologi Blade Battery, ini Keunggulannya

Sebagai pemimpin industri global dengan mengembangkan produk berteknologi renewable energy dan telah menjadi produsen NEV terbesar di dunia serta telah menjual lebih dari enam juta unit NEV, Build Your Dreams (BYD) terus konsisten melakukan inovasi berkelanjutan.

Salah satu inovasi BYD dalam dunia elektrifikasi adalah baterai berbahan lithium-ion yang sudah digunakan untuk berbagai kepentingan, termasuk telepon seluler dan kendaraan elektrik.

Produksi baterai tersebut mulai di operasikan pada tahun 2022 melalui anak perusahaannya, yaitu FinDreams Batteray yang berbasis di Chongqing, China. Satu tahun berselang, BYD secara resmi memasuki pasar kendaraan listrik dengan produk-produk New Energy Vehicle (NEV) dengan sumber energi baterai yang dipopulerkan dengan nama Blade Battery.

BYD Kembangkan Teknologi Blade Battery, ini Keunggulannya

Keunggulan Blade Battery BYD

Blade Battery ini memiliki kemampuan yang lebih mutakhis dibanding produk baterai lainnya yang diimplementgasikan pada kendaraan elektrik. Dimana melalui riset mandiri, BYD mengklaim bahwa Blade Battery ini mampu digunakan hingga 600km dan dapat meningkatkan kepadatan energi hingga 50%.

Untuk tingkat keamanannya sendiri, Blade Battery telah teruji dengan peningkatan yang signifikan. Sehingga bisa menjadi pijakan bagi BYD untuk pengembangan kendaraan elektriknya.

BYD Kembangkan Teknologi Blade Battery, ini Keunggulannya

Blade Battery Sebagai e-Platform NEV BYD

Selain keunggulan diatas, Blade Battery ini juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu tidak hanya berfungsi sebagai sumber energi, namun juga sebagai bagian dari rangka NEV.

Bahkan, saat ini BYD telah mengembangkan e-platform 3.0 dengan susunan struktur dari Blade Battery yang akan menjadi pemimpin kendaraan masa depan dengan menempatkan keselamatan sebagai prioritas.

Blade Battery dirancang untuk meningkatkan struktural e-platform 3.0 jika terjadi tabrakan. Dengan jalur transmisi gaya khusus untuk kendaraan elektrik, e-platform 3.0 mampu memberikan efisiensi dan perlindungan yang lebih aman.

BYD Kembangkan Teknologi Blade Battery, ini Keunggulannya

Linimasa Pengembangan Pabrik Baterai BYD

Inovasi baterai lithium-ion ini memiliki kapasitas energi yang lebih besar, umur pemakaian yang lebih panjang, waktu pengisian yang lebih cepat, dimensi baterai yang lebih minimalis, serta daya tahan yang lebih kuat.

Keunggulan kualitas baterai BYD dipercaya oleh industri elektronik, beberapa di antaranya adalah perusahaan telepon seluler Motorola dan Nokia yang menggunakan baterai lithium-ion BYD sebagai sumber tenaganya.

Blade Battery juga menjadi satu-satunya yang lolos melalui serangkaian tes, salah satunya Nail Penetration Test yang menguji kemampuan mengeliminasi potensi terbakarnya baterai saat kecelakaan.

Sementara pada aspek longevity, sel Blade Battery memiliki rentang hidup sepanjang 1.200.000km atau sekitar 3.000 kali charge, sehingga sangat tepat untuk penggunaan jangka panjang.

BYD Kembangkan Teknologi Blade Battery, ini Keunggulannya

Luther Panjaitan, Head of Marketing Communication PT BYD Motor Indonesia mengatakan, baterai adalah komponen paling utama dan paling penting pada kendaraan elektrik dan kami memiliki kekuatan itu, bahkan saat ini BYD menjadi produsen baterai terbesar ke-2 di dunia.

“Skala fasilitas, teknologi, serta volume produksi yang kami miliki inilah yang menjadi bukti keunggulan BYD dibandingkan produsen kendaraan elektrik lainnya,” kata Luther.

KOMENTAR (0)