Dampak Negatif Jika Salah isi BBM Mobil

Dampak Negatif Jika Salah isi BBM Mobil

Saat ini, satu dispenser pada pom bensin dapat melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) untuk mesin bensin dan diesel. Meskipun berbeda nozzle dan sudah dilengkapi tanda yang jelas, mungkin saja terjadi salah pengisian.

Bisa karena terburu-buru atau tidak memperhatikan secara seksama, kejadian salah isi BBM masih kerap terdengar dan merugikan AutoFamily. Kasus seperti ini pernah menimpa kendaraan Toyota yang berbagi jenis mesin, seperti pada Kijang Innova atau Fortuner.

Dampak Negatif Jika Salah isi BBM Mobil

Dampak Negatif Salah Isi BBM 

Mesin bensin yang terisi BBM diesel, sebut saja solar untuk memudahkan penjelasan, akan sulit dihidupkan mengingat solar membutuhkan kompresi tinggi untuk memicu ledakan di ruang bakar.

Selain itu, tekanan pompa bensin yang lebih rendah ketimbang milik mesin diesel dan suhu percikan api busi yang tidak sesuai titik nyala solar belum cukup untuk memicu ledakan. Makanya, mesin bensin yang kemasukan solar sulit dihidupkan. Kalaupun bisa, umumnya karena masih tersisa bensin di tangki BBM.

Dampak Negatif Jika Salah isi BBM Mobil

Namun begitu solar masuk, nyala mesin akan tersendat-sendat dan membuat AutoFamily tersadar telah salah membeli bahan bakar. Ada kasus di mana mobil langsung mati dan tidak dapat dinyalakan kembali. Selagi mesin belum malfungsi, segera menepi dan matikan mesin. Jangan dipaksakan terus berjalan karena berisiko membuat komponen mesin rusak kalau tetiba mati, bahkan jebol kalau melaju di kecepatan tinggi.

Di lain pihak, mesin diesel membutuhkan BBM yang dapat terbakar sendiri karena hanya mengandalkan kompresi mesin yang tinggi. Sementara bahan bakar untuk mesin bensin membutuhkan busi untuk membakarnya.

Dampak Negatif Jika Salah isi BBM Mobil

Akibatnya, mesin diesel akan sulit dinyalakan karena perbedaan karakter bahan bakar dan kebutuhan mesin. Oleh karena itu, saat menemukan gejala ini setelah isi BBM padahal sebelumnya mesin baik-baik saja, segera pastikan tidak ada kesalahan pengisian.

Apabila dipaksakan, dapur pacu diesel dapat dinyalakan lantaran kompresi mesin dan suhu yang tinggi di dalam ruang bakar sanggup membakar bensin. Masalah timbul karena pembakaran tidak dapat diatur sesuai kebutuhan mesin yang mengakibatkan kehilangan tenaga, knocking alias ngelitik, serta membuat komponen mesin rusak bahkan jebol dan berujung harus turun mesin. Suatu kondisi yang tentunya tidak diharapkan oleh AutoFamily.

Ditambah, mesin diesel membutuhkan BBM yang juga berfungsi sebagai pelumas komponen seperti pompa bahan bakar, dan senyawa kimia itu hanya ada di solar. Mengingat bensin tidak memiliki unsur pelumas, alhasil dapat membuat spare parts yang membutuhkan lubrikasi dapat rusak ketika bekerja dalam suhu dan tekanan yang tinggi.

Dampak Negatif Jika Salah isi BBM Mobil

Penanganan Mobil Salah Isi Bahan Bakar 

Apabila AutoFamily langsung menyadari salah isi BBM dan mobil belum dinyalakan, segera pindahkan mobil dari lokasi pengisian dengan cara didorong. Jangan pernah menyalakan mesin mobil karena risikonya besar, bahkan kalau sampai komponen mesin rusak dapat berakhir dengan turun mesin.

Segera hubungi call center Emergency Road Assistance (ERA) yang dikelola oleh AstraWorld di nomor 1500-898. Nantinya tim ERA akan mengirimkan towing car untuk membawa mobil ke bengkel Auto2000 terdekat.

KOMENTAR (0)