F1 Australia, Carlos Sainz Berhasil Meraih Gelar Juara Pertamanya

F1 Australia, Carlos Sainz Berhasil Meraih Gelar Juara Pertamanya

Pembalap Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) berhasil meraih gelar juara pertamanya untuk musim ini, pria asal Spanyol tersebut konsisten menjaga posisi memanfaatkan masalah teknis yang dialami Max Verstappen (Red Bull Racing) di lap pembuka yang memaksa juara dunia bertahan itu mundur.

Max Verstappen awalnya tampak lolos dengan mulus saat mempertahankan keunggulan dari posisi terdepan, tetapi momen di lap 2 memungkinkan Carlos Sainz untuk menyalip.

Tak lama setelah itu, asap mulai mengepul dari bagian belakang RB20 tunggangan Verstappen, mengakibatkan pembalap Belanda itu perlahan kembali ke pit pada lap 5 untuk mengakhiri balapan untuk pertama kalinya dalam dua tahun.

F1 Australia, Carlos Sainz Berhasil Meraih Gelar Juara Pertamanya

Carlos Sainz meraih kemenangan pertama musim ini dengan penampilan mengesankan selama Grand Prix Australia hari Minggu ini (24/03), hal ini mematahkan ambisi Verstappen yang mengincar kemenangan ke-10 berturut-turut yang menyamai rekor.

Verstappen mengubah keunggulan posisi terdepannya saat balapan dimulai, tetapi segera melaporkan masalah di belakang kemudi, dengan lap kedua yang terganggu membuka pintu bagi Sainz untuk mengejarnya dan membuat sebuah langkah untuk memimpin.

F1 Australia, Carlos Sainz Berhasil Meraih Gelar Juara Pertamanya

Dari sana, masalah rem yang dialami Verstappen semakin parah dan, dengan kepulan asap keluar dari bagian belakang, ia keluar dari garis balap untuk membiarkan sisa pembalap melewatinya sebelum kembali ke pit dan mengakhiri lomba untuk pertama kali.

Sainz semakin kuat saat Verstappen absen, membangun keunggulan solid atas Lando Norris (McLaren), rekan setimnya Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) dan favorit tuan rumah Oscar Piastri (McLaren) saat balapan berlangsung, akhirnya mengambil bendera kotak-kotak untuk kemenangan ketiga dalam karir F1-nya.

Sayang sekali dua pembalap Mercedes-AMG Petronas tidak dapat menyelesaikan lomba, George Russel mengalami insiden pada lap 56, berusaha menyalip Fernando Alonso (Aston Martin) untuk merebut posisi 6 namun harus keluar lintasan di tikungan 6/7.

F1 Australia, Carlos Sainz Berhasil Meraih Gelar Juara Pertamanya

Begitu juga dengan Lewis Hamilton tidak dapat melanjutkan, akibat gangguan pada mobilnya di lap 17. Sementara keputusan Williams untuk memasukkan Alex Albon ke dalam mobil Logan Sargeant tidak cukup menghasilkan poin karena ia menempati posisi ke-11, diikuti oleh pembalap tuan rumah lainnya yang beraksi, Daniel Ricciardo (Visa Cash App RB).

Kick Sauber mengalami lebih banyak masalah pit stop dalam perjalanan mereka ke posisi 14 dan 15 dengan Valtteri Bottas dan Zhou Guanyu masing-masing, dengan Esteban Ocon menjadi finisher terakhir di Alpine

KOMENTAR (0)