Fabio Quartarao Kuasai Podium Pertama MotoGP Doha 2021

Fabio Quartarao Kuasai Podium Pertama MotoGP Doha 2021

Fabio Quartarao (Monster Energy Yamaha) menjadi pemenang balapan MotoGP Doha 2021 di Sirkuit Losail, Senin (5/4/2021) dini hari WIB. Pada balapan yang berlangsung selama 22 lap itu, Quartararo finis paling depan dengan mengungguli dua Pramac Racing, Joann Zarco dan Jorge Martin. Ini merupakan kemenangan pertama Quartararo di Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 dan hanya yang keempat baginya setelah membalap di kelas premier mulai dari musim 2019.

Hasil ini sekaligus melanjutkan laju apik pabrikan Yamaha di Losail musim ini.  Sebelumnya, di sirkuit sama, Monster Energy Yamaha memenangi balapan seri pertama alias MotoGP Qatar lewat Maverick Vinales. Balapan ini juga bersejarah bagi Quartararo dan Zarco yang menjadi pebalap-pebalap asal Perancis pertama yang berbagi podium di kelas premier sejak 1954.

Sementara itu, Valentino Rossi menyelesaikan balapan di urutan ke-16. Hasil itu cukup bagus, mengingat Rossi start dari urutan ke-21. Balapan MotoGP Doha yang berlangsung malam hari ini kedatangan tamu penting, yakni Presiden FIFA Gianni Infantino.

Fabio Quartarao Kuasai Podium Pertama MotoGP Doha 2021

Starting grid terdepan MotoGP Doha ditempati Jorge Martin (Pramac Racing), Johann Zarco (Pramac Racing), dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha). Sementara itu, Valentino Rossi terpaksa memulai balapan dari posisi kedua dari belakang alias urutan ke-21. Pada lap pertama, Jorge Martin berhasil mempertahankan posisinya, diikuti oleh Johann Zarco di posisi kedua.

Sementara itu, Vinales melakukan start buruk, sehingga harus turun enam peringkat ke posisi kesemblan. Juara dunia musim lalu, Joan Mir juga memulai balapan dengan baik. Start dari urutan kesembilan, Mir menyodok ke peringkat enam.

Memasuki lap ketiga, rekan setim Mir, Alex Rins mencatatkan fastest lap dan mengambil alih posisi ketiga dari Aleix Espargaro (Aprilia). Adapun Jorge Martin mulai meninggalkan kompetitornya ketika race memasuki lap keempat. Dia membuat gap 0,392 dari Zarco di posisi kedua. Ketika race memasuki putaran keenam, Martin mulai mendapat perlawanan dari Rins. Rins sebelumnya mengambil alih posisi runner-up milik Zarco pada lap kelima.

Fabio Quartarao Kuasai Podium Pertama MotoGP Doha 2021

Memasuki lap ke-10, posisi tiga terdepan dihuni oleh Martin, Zarco, dan Rins. Aleix Espargaro, Francesco Bagnaia (Ducati), dan Joan Mir, menyusul di baris kedua. Sementara itu, Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi ke-21, naik satu tangga ke urutan ke-20. Pada lap ke-11, Rins nyaris terjatuh di Tikungan 9. Namun, dia berhasil melakukan save untuk melanjutkan balapan.

Pada lap ke-12, Alex Marquez (LCR Honda Castrol) mengalami crash. Ini merupakan kali kedua Alex Marquez tak bisa melanjutkan balapan. Pada seri pertama alias MotoGP Qatar yang juga berlangsung di Sirkuit Losail, Alex terjatuh di lap ke-13. Tersisa tujuh putaran, Fabio Quartararo menyodok ke urutan ketiga, mengambil alih posisi Bagnaia.

Fabio Quartararo melajutkan laju impresifnya dengan mengambil alih pimpinan balap pada lap ke-18. Balapan tersisa empat putaran, Quartararo membuat jarak 0,408 detik dari Martin di urutan kedua. Ia sempat melindas objek di lintasan pada lap terakhir yang merupakan bagian dari motor salah satu Tech3 di posisi belakang grid.

Fabio Quartarao Kuasai Podium Pertama MotoGP Doha 2021

Kendati melindas objek tersebut secara penuh, ban Quartararo bertahan hingga akhir. Quartarao berhasil mempertahankan posisinya dari kejaran duo Ducati, Martin dan Zarco hingga akhir balapan hingga dia menjadi pemenang. Balapan sempat dihiasi oleh insiden Jack Miller dan Joan Mir yang bersenggolan di exit tikungan terakhir pada lap-lap akhir.

Insiden tersebut sempat diperaiksa oleh para stewards tetapi tak ada aksi disiplin lanjutan. Kedua pebalap tak melupakan insiden tersebut setelah melintasi garis finish dengan mereka  berteriak ke satu sama lain pada lap menuju pit lane.

KOMENTAR (0)