Gabungan Porsche, Bugatti dan Rimac, Babak Baru Dunia Otomotif

Gabungan Porsche, Bugatti dan Rimac, Babak Baru Dunia Otomotif

Porsche, Bugatti dan Rimac sedang menulis babak baru dalam sejarah industri otomotif. Kurang dari empat bulan setelah pertama kali diumumkan, salah satu proyek kerjasama paling menarik di dunia otomotif telah meninggalkan grid awal. Usaha gabungan Bugatti-Rimac akan berbasis di Sveta Nedelja (Kroasia). CEO-nya akan menjadi pionir hypercar listrik Mate Rimac, pendiri dan CEO Rimac Automobili.

Porsche AG akan memainkan peran utama sebagai mitra strategis. Ketua Dewan Eksekutif Porsche, Oliver Blume, dan Wakil Ketua dan Anggota Dewan Eksekutif yang bertanggung jawab untuk Keuangan, Lutz Meschke, keduanya akan duduk di Dewan Pengawas. Bugatti Rimac akan dimiliki oleh Rimac Group (55 persen) dan Porsche AG (45 persen). Dalam kerangka kerja sama, Bugatti dan Rimac Automobili akan terus beroperasi sebagai merek dan produsen independen, dan akan mempertahankan lokasi produksi masing-masing di Zagreb (Kroasia) dan Molsheim (Prancis), serta jaringan distribusi mereka.

Gabungan Porsche, Bugatti dan Rimac, Babak Baru Dunia Otomotif

CEO Bugatti saat ini, Stephan Winkelmann, akan mengundurkan diri dari posisinya pada 31 Oktober 2021 untuk fokus pada perannya sebagai presiden Lamborghini. “Merger ini adalah solusi sempurna untuk semua orang yang terlibat. Bersama-sama, kita membentuk perusahaan otomotif yang kuat,” kata Oliver Blume. “Kami telah berhasil menambah nilai merek Bugatti yang prestisius dan tradisional dengan lebih berorientasi ke masa depan. Bugatti melambangkan pesona dan gairah; Rimac adalah inovator dengan keahlian teknis yang cukup besar. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Stephan Winkelmann atas kontribusinya yang luar biasa. Ia telah melakukan pekerjaan yang hebat.”

Selain Mate Rimac, tim manajemen baru termasuk juga mantan manajer produksi dan direktur pelaksana bersama Bugatti Automobiles, Christophe Piochon. Piochon akan menjadi Chief Operating Officer dari perusahaan gabungan tersebut. Produksi akan berlanjut di lokasi yang sudah lama berdiri di Molsheim, Alsace, yang terkenal di dunia karena kesempurnaan dan keunggulannya dalam desain dan pengerjaan. Larissa Fleischer akan menjadi Chief Financial Officer.

Ia merupakan direktur pengendalian di Porsche untuk digitalisasi dan pengembangan model bisnis baru. Emilio Scervo, sebelumnya chief engineer di McLaren, akan mengambil alih jabatan Chief Technology Officer. “Saya yakin bahwa dalam tim manajemen kami, kami telah menyatukan perpaduan sempurna antara pengalaman dan keahlian, inovasi, dan semangat tim,” kata Lutz Meschke.

Gabungan Porsche, Bugatti dan Rimac, Babak Baru Dunia Otomotif

Secara internal di Porsche, usaha gabungan itu disebut sebagai Operation Rush. “Sesuai dengan namanya, semuanya berjalan sangat cepat,” jelas Meschke. Porsche menjadi pemangku kepentingan di Rimac pada tahun 2018 dan terus meningkatkan keterlibatannya sejak saat itu. “Rantai investasi strategis kami sekarang mencapai kesimpulan yang sukses. Untuk memulainya, keyakinan yang kuat diperlukan di banyak area. Tugas terakhir adalah mengatasi rintangan organisasi. Tim di Zagreb, Molsheim, Wolfsburg, dan Stuttgart telah bekerja sangat keras dan pasti akan memimpin perusahaan baru menuju masa depan yang cerah,” kata Meschke.

Peluncuran usaha gabungan Bugatti Rimac adalah langkah besar lainnya bagi CEO masa depan Mate Rimac – hanya dua belas tahun setelah perusahaan rintisannya didirikan di sebuah garasi. “Saya merasa terhormat untuk memimpin perpaduan baru ini dan memulai apa yang tidak diragukan lagi akan menjadi babak baru yang sukses, revolusioner, dan menarik bagi semua orang yang terlibat,” kata Mate Rimac.

KOMENTAR (0)