Ini Spesifikasi New BMW M3 dan BMW M4 Coupé Generasi Terbaru

Ini Spesifikasi New BMW M3 dan BMW M4 Coupé Generasi Terbaru

35 tahun lalu, BMW M3 diperkenalkan BMW M GmbH untuk menjadi kendaraan homologasi Deutsche Tourenwagen Meisterschaft (DTM) atau balap touring di Jerman yang sangat popular. Hari ini generasi ke-6 dari model legendaris itu diperkenalkan di Indonesia dalam varian the new BMW M3 Competition dan the new BMW M4 Coupé Competition.

Kedua kendaraan ini hadir dengan tenaga 510 hp dan torsi 650 Nm, teknologi sasis dari BMW M4 GT3, desain eksterior ekspresif, hingga interior baru dengan material premium terbaik, dan sistem operasi BMW M Drive Professional yang hadir pertama kali di rangkaian sports cars terbaru ini. Peluncuran dua model dari BMW M GmbH ini akan memperkuat posisi BMW sebagai manufaktur kendaraan sports terbaik di Indonesia.

Ini Spesifikasi New BMW M3 dan BMW M4 Coupé Generasi Terbaru

Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia mengatakan dalam sambutannya di virtual press conference Indonesian Premiere BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupé Competition generasi terbaru, “BMW M telah mainkan peran penting dalam membentuk brand BMW. Selama hampir lima dekade, BMW M telah menjadi simbol bagi kendaraan sport performa tinggi dengan desain emosional serta serangkaian kisah sukses di kejuaraan motorsport. BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupé Competition terbaru terapkan teknologi racing cars dari sirkuit ke jalan raya, dan ribuan putaran di Nürburgring Nordschleife yang legendaris-arena balap yang paling tangguh di dunia-hadirkan icon sports cars terbaik dari BMW.

“Hadir dengan dua konsep-satu sedan dengan ruang hingga lima penumpang, yang lain coupé empat kursi, dua kendaraan ini hadir untuk penuhi permintaan para pecinta Motorsport dan penggemar BMW di Indonesia. The new BMW M3 Competition dan the new BMW M4 Coupé Competition sama-sama dilengkapi dengan mesin 6-silinder segaris dengan Teknologi BMW M TwinPower Turbo dengan performa mesin fantastis hingga 510 hp dan disalurkan ke roda belakang melalui transmisi BMW M Steptronic delapan- percepatan dengan Drivelogic dan serangkaian teknologi inovatif yang dikembangan BMW M GmbH di lintasan balap sebenarnya,” tambah Jodie.

Melalui proses R&D yang dilakukan bersamaan dengan racing car BMW M4 GT3 terbaru, BMW Indonesia yakin kedua sports cars terbaru ini memiliki spektrum emosi yang lahir dari teknologi sasis yang identik. Desain eksterior yang ekspresif dan belum pernah ada sebelumnya untuk brand BMW, serta kokpit dengan sistem kontrol yang spesifik dikembangan untuk BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupé Competition generasi terbaru akan berikan kesempatan para penggemar BMW untuk rasakan sensasi teknologi motorsport untuk mendukung kegiatan sehari-hari. 

Ini Spesifikasi New BMW M3 dan BMW M4 Coupé Generasi Terbaru

Mesin enam silinder segaris dengan instant delivery dan karakteristik high revving.

Mesin yang menggerakkan sports cars performa tinggi ini padukan karakteristik high-revving khas BMW M dengan teknologi BMW M TwinPower Turbo terbaru. Hasilnya adalah titik tertinggi baru untuk mesin enam silinder segaris dari BMW dalam hal output dan torsi. Dua turbocharger dengan sistem pendinginan Indirect Charge air-cooling, sistem asupan udara yang mengoptimalkan aliran udara, dan sistem direct-injection yang bekerja dengan tekanan maksimum 350 bar membantu menghasilkan tenaga instan dan siap untuk putaran tinggi, tanpa interupsi untuk mencapai kecepatan tertingginya.

Mesin yang menggerakkan BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupé Competition terbaru hasilkan torsi puncak 650 Nm dari 2.750 hingga 5.500 rpm. Output maksimum 510 hp tersedia pada 6.250 rpm dengan red-line di 7.200 rpm. Karakteristik mesin tersebut memberikan pengalaman berkendara yang sangat mengesankan. The new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé hanya membutuhkan 3,9 detik untuk berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dan dari 0 hingga 200 km/jam hanya dalam waktu 12,5 detik. Semakin istimewa dengan sistem exhaust yang dilengkapi electronic-flaps memberikan soundtrack yang kaya secara emosional.

Sistem pendingin bespoke khusus untuk model ini, memastikan suhu yang optimal bertahan setiap saat untuk semua komponen powertrain – baik dalam berkendara sehari-hari dalam jarak pendek di dalam kota, juga saat didorong hingga batas performa di lintasan balap. Modul pendingin terhubung dengan dua radiator high-temperature, oil-cooler kedua di apron depan, dan transmission-cooler. Akumulasi keahlian motorsport BMW M GmbH juga terlihat pada konsep sistem distribusi oli. Oil-sump memiliki dua chamber terpisah dan saluran hisap yang terintegrasi. Ini memastikan pasokan oli yang andal setiap saat, khususnya saat berakselerasi lateral dan longitudinal yang ekstrim.

Kedua kendaraan ini menyalurkan tenaga mesin dengan transmisi otomatis M Steptronic 8-percepatan dengan Drivelogic, hadir dengan rasio gigi yang dikembangkan bersamaan dengan karakteristik mesin, memungkinkan perpindahan yang agresif dan presisi, namun tetap nyaman dalam penggunaan sehari-hari. Ini memungkinkan pergantian gigi sepenuhnya otomatis dan perpindahan manual dengan tuas BMW M-specific di konsol tengah atau paddle shift di lingkar kemudi. Pemilihan karakteristik perpindahan gigi dikendalikan menggunakan tombol Drivelogic yang terintegrasi pada tuas transmisi. Pengemudi dapat mengakses tiga pengaturan yang sangat berbeda dalam mode otomatis dan manual.

Ini Spesifikasi New BMW M3 dan BMW M4 Coupé Generasi Terbaru

Desain dengan perubahan radikal, eye-catching tingkatkan daya tarik emosional.

Desain bodi the new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé mengirimkan pernyataan yang lebih berani dari sebelumnya tentang supremasi performa dan pengalaman berkendara yang emosional. Fitur desain BMW M-specific yang penuh dengan persyaratan fungsional sports cars performa tinggi terintegrasi secara harmonis ke dalam bahasa desain modern BMW. Kontributor visual yang ekspresif dari kedua model ini adalah BMW kidney-grill vertikal dengan kisi-kisi udara horizontal, fender yang lebar dengan BMW M gills di bagian depan dan kisi udara pada apron depan dan belakang. Kedua model, sedan dan coupé juga memiliki atap yang terbuat dari carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) dengan antenna sirip yang dioptimalkan secara aerodinamis, spoiler belakang dan dua exhaust tailpipes khas BMW M.

Lampu depan LED Adaptif dengan BMW Laserlight hadir menjadi standar pada the new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé. 3 pilihan cat eksterior baru juga tersedia secara eksklusif; Sao Paulo Yellow, Toronto Red metallic dan Isle of Man Green metallic.

Di dalam the new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé, permukaan yang terstruktur dengan jelas dan desain kokpit yang ergonomis memastikan fokus pengemudi tetap seratus persen pada pengalaman berkendara yang intens. BMW M Sport Seats yang baru, dikembangkan dan dapat disetel secara elektrik hadir dengan trim kulit fine-grain Merino dengan fitur ventilasi udara. Desain terbaru pada jok ini juga memberikan impresi sporty melalui elemen warna BMW M dan single-tone leather. Selain itu, kedua mobil ini juga dilengkapi dengan M Carbon interior package yang meliputi tak hanya bagian interior trim dan central console, namun juga diperhalus hingga aplikasi pada bagian stir dan juga paddle shift untuk pertama kalinya.

Ini Spesifikasi New BMW M3 dan BMW M4 Coupé Generasi Terbaru

Sistem operasi BMW M-specific untuk pengalaman yang seru.

Sistem kontrol dan display infotainment pada the new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé terdiri dari serangkaian fitur baru yang berperan dalam pengalaman berkendara yang seru. BMW M Drive Professional, yang memulai debutnya di sini, dirancang khusus untuk berkendara di sirkuit. Ini termasuk BMW M Traction Control baru yang inovatif, yang memungkinkan fungsi pembatasan slip roda terintegrasi dengan sistem DSC untuk disesuaikan (melalui sepuluh penyetelan) dengan preferensi dan kebutuhan pribadi pengemudi. Elemen lain dari BMW M Drive Professional adalah BMW M Drift Analyser, yang mencatat dan menilai statistik mengemudi yang diposting dalam manuver menikung dinamis, dan BMW M Laptimer, yang mencatat waktu putaran dan informasi lain yang dihasilkan selama mengemudi di dalam sirkuit.

KOMENTAR (0)