Jangan Sembarangan Menambah Oli Mesin Kendaraan

Jangan Sembarangan Menambah Oli Mesin Kendaraan

Melakukan penambahan oli mesin mobil menjadi hal yang wajar dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga setiap komponen mobil yang ada di dalam mesin mendapatkan pelumasan dengan maksimal. Mengingat volume oli bisa saja berkurang karena adanya kebocoran maupun penguapan yang terjadi selama kendaraan digunakan. Sehingga, saat volume oli sudah tidak sesuai dengan kebutuhan atau yang seharusnya maka pelumasan pada mesin tidak bisa maksimal.

Jangan Sembarangan Menambah Oli Mesin Kendaraan

Menambahkan oli memang terkesan sepele, dan bisa dilakukan oleh setiap pemilik mobil karena hanya dengan menuangkan pelumas pada ruang mesin. Akan tetapi, ada yang perlu diperhatikan saat menambah volume pelumas mesin ini. Jangan sampai, penambahan tersebut justru akan membuat kinerja mesin semakin berat dan akhirnya terjadi kerusakan.

Melakukan penambahan oli tidak akan menimbulkan masalah selama takarannya sesuai. Sebelum menambah, sebaiknya melakukan pengecekan sisa volume oli pada mesin, caranya adalah dengan menggunakan dipstick oli yang ada pada mesin.

Jangan Sembarangan Menambah Oli Mesin Kendaraan

Pada tongkat pengukur pelumas tersebut terdapat ukuran volume oli yang tersisa pada mesin. Dengan begitu, saat melakukan penambahan bisa diperkirakan berapa volume yang dibutuhkan. Jika kebanyakan (penambahannya) harus di-tap sesuai maksimum yang tertera di dipstick olinya, kalau sampai kelebihan bisa menyebabkan oli berlebih dan kurang bagus untuk mesin.

KOMENTAR (0)