Ketangguhan Mitsubishi Triton di AXCR 2022, Bawa Pembalapnya Podium

Ketangguhan Mitsubishi Triton di AXCR 2022, Bawa Pembalapnya Podium

Mitsubishi Triton Ralliart menunjukkan performanya di Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 yang berlangsung pada 21-26 November 2022 lalu di Thailand dan Kamboja. AXCR 2022 sendiri disajikan 6 Special Stage dengan trek sepanjang 1.700 km dengan tantangan 6 Special Stage (SS).

Ketangguhan Mitsubishi Triton yang terbukti finis terdepan dikendarai Chayapon mampu menyelesaikan total waktu 8 jam 22:42 detik. Sedangkan Rifat Sungkar, perwakilan Indonesia yang merupakan pembalap reli profesional dan juga brand ambassador Mitsubishi Motors Indonesia mampu finis posisi lima.

Pembuktian Mitsubishi Triton di ajang balap rally paling ganas di Asia ini, menjadi pembuktian terhadap kualitas dan durability mobil yang memang dikembangkan tangguh di berbagai medan jalan. Termasuk keikutsertaannya di ajang rally AXCR 2022 yang diselenggarakan di Thailand dan Kamboja.

Ketangguhan Mitsubishi Triton di AXCR 2022, Bawa Pembalapnya Podium

Naoya Nakamura, President Director of PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia mengatakan, kami mengakui bahwa AXCR adalah debut pertama Mitsubishi Motors yang kembali ke Motorsports setelah bertahun-tahun. Dan MMKSI sangat bangga dengan hasilnya, sedangkan dalam pengalaman pertama Rifat-san mengikuti reli yang berat ini, dia dapat tampil sangat baik secara profesional dengan dukungan dari mobil mumpuni yang dikelola oleh Team Ralliart.

“Terima kasih kepada Mitsubishi Motors dan Team Mitsubishi Ralliart, yang telah memberikan kesempatan baik ini kepada Brand Ambassador dan Rally Driver, Rifat Sungkar, untuk berpartisipasi dalam reli internasional ini sebagai bagian dari tim untuk menunjukkan bakat dan keterampilannya yang baik mewakili Indonesia,” kata Nakamura.

Ketangguhan Mitsubishi Triton di AXCR 2022, Bawa Pembalapnya Podium

Di atas kertas Mitsubishi Triton yang dikembangkan menggunakan mesin 4N15 DI C/R I/C T/C,DOHC 16 valve, in-line 4-Cylinder, Direct Diesel Injection, Intercooler & Turbocharger, berkapasitas 2.442 Cc tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 100PS dan Torsi 33.1Nm.

Pembalap Rifat Sungkar tidak melakukan ubahan apapun pada sektor mesin, hanya melakukan penyesuaian pada ECU terhadap karakter medan rally yang diikutinya. Selain sebagai regulasi, sekaligus pembuktian terhadap tenaga mesin Mitsubishi Triton yang mumpuni tampil di ajang rally kelas international.

Secara keseluruhan, mobil yang digunakan dua pembalap andalan Mitsubishi khususnya Rifat Sungkar tampil sebagai mobil standar pabrikan yang tidak banyak dilakukan ubahan pada bagian paling penting di Mitsubishi Triton mulai dari sasis, hingga mesin.

Ketangguhan Mitsubishi Triton di AXCR 2022, Bawa Pembalapnya Podium

Melihat fakta bahwa mobil yang digunakan pada reli ini murni model produksi tanpa ada modifikasi berarti, Rifat bersama co-driver Chupong Chaiwan mengatur strategi melakukan pemetaan terkait rute atau medan yang akan dilalui sebagai ‘Dakar’-nya di Kawasan Asia ini.

“Hari pertama memang ada insiden pecah ban, menurut saya itu adalah sebuah ketidakberuntungan saja. Tapi secara keseluruhan, Mitsubishi Triton Ralliart yang saya pakai ini memang tangguh,” kata Rifat.

Memasuki hari kedua, ketiga, hingga kelima, Rifat mempelajari jalan di Thailand seperti apa, dan saya akhirnya mulai terbiasa. “Kuncinya adalah saya percaya dengan co-driver, dengan medan yang saya tidak tahu seperti apa, maka rasa percaya saya ke dia tinggi banget,” tambah Rifat.

Ketangguhan Mitsubishi Triton di AXCR 2022, Bawa Pembalapnya Podium

Perjuangan yang dilakukan Rifat Sungkar pun terbilang begitu berkesan. Tidak hanya mampu mengoptimalkan performa Mitsubishi Triton Ralliart, tetapi ia juga sangat salut dengan kemampuan mobil tersebut ketika berada di lintasan ekstrem dan double cabin ini terbukti sangat tangguh dengan finis utuh bisa menyelesaikan ajang balap ekstrem tersebut.

Menggunakan kondisi mobil yang standar, Rifat mengakui bisa mengimbangi pereli terdepan. Bahkan dirinya bisa dua kali mengejarnya di kilometer 12 dan 25. “Sayangnya, ada insiden ban pecah dan membuat catatan waktu saya rugi waktu enam menit dari dia,” ucap Rifat.

Ketangguhan Mitsubishi Triton di AXCR 2022, Bawa Pembalapnya Podium

Ajaibnya, tambah Rifat, dengan kondisi mobil yang rusak parah di bagian ban serta shockbreaker, Mitsubishi Triton Ralliart tunggangannya masih terbilang andal lantaran kerusakan tidak merembet ke sektor lain

“Hebatnya apa coba mobil ini? dengan spesifikasi mobil standar dan shockbreaker sudah mulai hancur, gardan tidak lepas. Hal tersebut membuat saya sangat takjub dengan Mitsubishi Triton Ralliart. Mobil ini sensasional!,” bangga Rifat.

KOMENTAR (0)