Mudik Lewat Jalur ‘contraflow’, Perhatikan Hal ini

Mudik Lewat Jalur 'contraflow', Perhatikan Hal ini

Pemerintah merencanakan berbagai skema pengaturan lalu lintas pada musim Lebaran 2024 khususnya contraflow. Ini tentu dilakukan demi mengurai kemacetan dan memberikan kenyamanan Masyarakat ketika akan melakukan perjalanan panjang ke kampung halaman.

Namun, AutoFamily juga harus memahami kondisi tubuh, kendaraan dan pengetahuan khususnya ketika masuk ke jalur contraflow, karena membutuhkan konsentrasi ekstra. Mengingat pagi hari ini 8 April 2024 baru saja terjadi kecelakaan beruntun sampai memakan korban jiwa, dan diindikasi berada di jalur contraflow KM 58 Cikampek.

Mudik Lewat Jalur 'contraflow', Perhatikan Hal ini

Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000 mengatakan, pada momen Mudik Lebaran 2024 ini, rencananya contraflow akan diterapkan. Kegiatan ini membutuhkan perhatian khusus karena AutoFamily akan berada di lajur milik orang lain.

“Salah sedikit saja, bisa fatal akibatnya. Untuk itu silakan pelajari tips mengemudi di jalur contraflow berikut ini,” kata Nur Imansyah.

Nah, jika kalian melakukan perjalanan mudik dan melalui jalur ‘contraflow’, perhatikan hal dibawah ini:

Mudik Lewat Jalur 'contraflow', Perhatikan Hal ini

1. Pelajari Jadwal dan Titik Contraflow

Sebelum melintas, AutoFamily perlu mengetahui jadwal dan lokasi contraflow. Informasi mengenai aturan ini biasanya bisa didapatkan melalui social media atau operator jalan tol. Sebelum lajur lawan-arah pasti sudah ada rambu-rambu yang dipasang.

2. Pintu Keluar Tol Tidak Terlewati

Pada umumnya, jalur contraflow memiliki satu pintu masuk dan satu pintu keluar. Jika pintu gerbang keluar tol sudah terlewat, maka AutoFamily perlu melanjutkan perjalanan hingga jalur contraflow berakhir dan mencari pintu keluar jalan tol.

3. Waspada bagi Pengguna Jalan Layang Tol MBZ

Jalan Layang Tol MBZ memiliki titik akhir di sekitar KM 47 Jalan Tol Cikampek. Sehingga, ada kemungkinan AutoFamily tidak bisa pindah ke lajur contraflow mengingat ada potensi tidak bisa memotong masuk ke aksesnya. Anda harus memperhitungkannya kalau ternyata perkiraan ini benar.

Mudik Lewat Jalur 'contraflow', Perhatikan Hal ini

4. Persiapan di Lajur Kanan Sebelum Akses ke Contraflow

Ketika sudah mengetahui titik dan lokasi jalur contraflow, maka AutoFamily perlu mempersiapkan kendaraan di lajur kanan. Bersiaplah sekitar 2 km sebelum pintu masuk jalur contraflow supaya tidak kelewatan atau melakukan manuver mendadak yang berbahaya.

Misalnya, jalur contraflow berada di KM 36, maka pengemudi harus bersiap mengambil lajur kanan saat berada di KM 34. Dengan demikian, arus lalu lintas kendaraan lain tidak akan terganggu dan tidak memicu kecelakaan. Nyalakan sein kanan saat jarak dengan akses masuk tinggal 500 meter.

5. Atur Kecepatan Mobil

Mobil tidak boleh terlalu cepat atau terlalu lambat di lajur lawan arah ini. Jika terlalu pelan, akan menghambat lalu lintas. Namun kalau terlalu cepat juga berbahaya mengingat berada di jalur mobil lain dari lawan arah. Idealnya, kecepatan kendaraan di jalur contraflow adalah 60 km/jam.

Mudik Lewat Jalur 'contraflow', Perhatikan Hal ini

6. Jaga Jarak Aman

AutoFamily harus menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Terapkan teori tiga detik untuk menjaga jarak aman. Dengan menjaga jarak aman,  dapat membuat AutoFamily mengantisipasi segala kemungkinan.

7. Hindari Keluar Jalur Contraflow

Mobil AutoFamily akan langsung berhadapan dengan kendaraan lain dari arah berlawanan sehingga memiliki tingkat bahaya tinggi. Apabila ada kendaraan yang keluar dari jalur contraflow ataupun sebaliknya, tentu sangat berbahaya.

Mudik Lewat Jalur 'contraflow', Perhatikan Hal ini

8. Perhatikan Kondisi Sopir dan Penumpang

Metode safety driving perlu diterapkan selama melintasi jalur lawan-arah. Yang terutama adalah jangan main ponsel atau hal yang mengalihkan perhatian. Fokus dan waspada dengan melihat ke arah depan, sisi kanan dan kiri lewat spion, dan sesekali melihat ke arah belakang.

KOMENTAR (0)