Hillman Avenger, Mobil Idaman Keluarga Eropa Era ’70-an

Hillman Avenger, Mobil Idaman Keluarga Eropa Era '70-an

Diperkenalkan pada tahun 1970, Hillman Avenger merupakan mobil keluarga berpenggerak roda belakang yang menjadi idaman banyak masyarakat di Eropa pada era ’70-an. Avenger awalnya diproduksi oleh pabrikan Hillman dibawah Rootes Group dari tahun 1970-1976.

Avenger kemudian dilanjutkan produksinya oleh Chrysler Eropa dari 1976-1981 sebagai Chrysler Avenger, sebelum akhirnya menjadi Talbot Avenger. Avenger juga dipasarkan di Amerika Utara sebagai Plymouth Cricket.

Hillman Avenger, Mobil Idaman Keluarga Eropa Era '70-an

Hillman adalah merk mobil Inggris dari Hillman Motor Car Company, yang didirikan pada tahun 1907 dan berbasis di Ryton-on-Dunsmore, dekat Coventry, Inggris. Meskipun perusahaan Hillman diakuisisi oleh Humber pada tahun 1929, Hillman tetap digunakan sebagai merk utama dari Rootes Group mulai tahun 1931 hingga 1967, ketika Chrysler pada gilirannya mengambil alih Rootes. Dibawah kendali Chrysler, merk Hillman juga terus digunakan hingga 1976.

Dari sisi styling-nya, Avenger yang berbodi unik ini tak diragukan lagi sangat selaras dengan selera otomotif di Eropa saat itu, dengan sentuhan garis ‘Coke Bottle’ ala Amerika dan desain semi-fastback yang menjadi isyarat styling kontemporer. Avenger juga menjadi mobil Inggris pertama yang diproduksi dengan grill depan plastik one-piece.

Hillman Avenger, Mobil Idaman Keluarga Eropa Era '70-an

Hillman Avenger memiliki beberapa varian, namun versi awalnya dengan bodi empat pintu tersedia dalam varian standar DL, Super dan GL. Avenger versi awal diproduksi di pabrik Rootes di Ryton-on-Dunsmore, kemudian dipindahkan ke pabrik Linwood yang berlokasi di dekat Glasgow, Skotlandia.

Hillman Avenger dibekali mesin Straight 4 berkapasitas 1.248 cc bertenaga 54 bhp. Mobil keluarga ini dapat berakselerasi dari 0-60 mph dalam 16.8 detik, dan mencapai kecepatan tertinggi 81 mph atau 131 km/jam.

Hillman Avenger, Mobil Idaman Keluarga Eropa Era '70-an

Hillman Avenger diproduksi massal hingga tahun 1976 dengan total 638.631 unit yang meluncur dari lini produksi di berbagai negara, sebelum digantikan oleh model facelift dan kembali memakai brand Chrysler. **Dari berbagai sumber/MS

KOMENTAR (0)