Inovasi Nissan Untuk Membuat Kabin Mobil Lebih Senyap

Inovasi Nissan Untuk Membuat Kabin Mobil Lebih Senyap

Membuat kabin mobil menjadi lebih senyap demi kenyamanan penumpang sepanjang perjalanan sudah sejak lama menjadi mimpi buruk bagi para engineer. Tidak heran kalau pabrikan mobil siap mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan kabin yang senyap. Kini, Nissan merintis  “acoustic meta-material” berupa bahan  sound insulation terbaru yang murah dan ringan.

Inovasi Nissan Untuk Membuat Kabin Mobil Lebih Senyap

Secara teknis, bahan penyerap suara tersebut relatif sederhana; kombinasi antara struktur geometris berkisi-kisi dan  lapisan film plastik yang mampu mengendalikan vibrasi udara demi membatasi penyebaran suara dengan frekuensi 500 Hz – 1.200 Hz. Umumnya, suara tersebut berasal dari jalan dan mesin. road and engine noise. Kebanyakan material peredam suara saat ini terbuat dari bahan karet yang berat, maka bobot acoustic meta-material  hasil kreasi Nissan  hanya 25% dari bahan konvensional namun memberikan peredaman yang setara.

Inovasi Nissan Untuk Membuat Kabin Mobil Lebih Senyap

Inovasi tersebut menghasilkan kabin yang senyap dan sekaligus mengurangi bobot total kendaraan sehingga konsumsi bahan bakar lebih efisien. Nantinya,  acoustic meta-material tersebut akan digunakan Nissan untuk  mobil mewah, mobil listrik dan mobil lainnya yang  memiliki keterbatasan memuat bahan peredam suara. Saat ini acoustic meta-material terus disempurnakan oleh divisi teknologi Nissan  Intelligent Mobility untuk memaksimalkan kualitas peredamannya demi kenyamanan para penumpang.

 

KOMENTAR (0)