Klasik dan Langka: Studebaker Avanti 1962

Klasik dan Langka: Studebaker Avanti 1962

Studebaker Avanti adalah mobil coupe elegan yang dibangun oleh pabrikan Studebaker antara Juni 1962 hingga Desember 1963. Studebaker sendiri mengklaim Avanti sebagai “America’s Only 4 Passenger High-Performance Personal Car!” dalam brosur penjualan mobil mereka. Avanti dikembangkan langsung dibawah arahan Sherwood Egbert, Presiden Studebaker Corporation saat itu.

Desain unik Avanti sendiri awalnya merupakan hasil coretan yang dibuat Sherwood Egbert dalam penerbangan pesawat jet dari Chicago, 37 hari setelah menjadi presiden Studebaker di bulan Februari 1961.

Klasik dan Langka: Studebaker Avanti 1962

Dirancang oleh tim desainer yang terdiri dari Raymond Loewy, Tom Kellogg, Bob Andrews dan John Ebstein dalam waktu 40 hari, Studebaker Avanti menampilkan desain bodi fiberglass radikal yang dipasang pada sasis Studebaker Lark Daytona 109 inci yang telah dimodifikasi. Selain itu, mesin 289 kubik inci berkapasitas 4.7 liter milik Avanti juga merupakan modifikasi dari mesin Studebaker Hawk.

Studebaker Avanti dilengkapi dengan rem cakram depan yang dirancang unit British Dunlop, dibuat di bawah lisensi Bendix, dan diklaim sebagai “produksi Amerika pertama yang memilikinya”. Sebuah supercharger Paxton juga ditawarkan sebagai pilihan.

Studebaker Avanti pertama kali diperkenalkan pada publik di ajang New York International Automobile Show tanggal 26 April 1962. Egbert awalnya berencana untuk menjual 20.000 Studebaker Avanti pada tahun 1962, namun ternyata hanya mampu memproduksi 1.200 unit saja.

Klasik dan Langka: Studebaker Avanti 1962

Studebaker Avanti banyak digambarkan sebagai “salah satu tonggak sejarah yang signifikan dari industri mobil Amerika pasca Perang Dunia II”. Produksi Avanti dihentikan bersamaan dengan penutupan pabrik Studebaker pada tanggal 20 Desember 1963. Total tak lebih dari 5.800 unit Studebaker Avanti yang keluar dari line produksi dalam satu setengah tahun masa produksinya. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)