Konsep Retro Unik: Chevrolet Corvair Testudo 1963

Konsep Retro Unik: Chevrolet  Corvair Testudo 1963

Chevrolet Corvair Testudo dirancang oleh Giorgetto Giugiaro muda dari rumah desain Bertone, Italia, dan pertama kali diperkenalkan pada publik di Geneva Motor Show tahun 1963.

Styling Corvair Testudo yang inovatif, menunjukkan bahwa pada era tersebut banyak perusahaan manufaktur mobil dunia yang menyewa rumah desain terutama di Italia, untuk memberikan sentuhan unik dan futuristik pada model mobil masa depan mereka.

Konsep Retro Unik: Chevrolet  Corvair Testudo 1963

Futuristik, tidak hanya dari sudut pandang desain, tetapi juga untuk proporsinya. Corvair Testudo memiliki ketinggian vertikal hanya 106 cm, dimana ini kemudian menjadi karakteristik struktural mobil-mobil GT di masa depan. Sementara, desain kokpitnya yang transparan juga benar-benar memperluas jarak pandang pengemudi.

Testudo, yang dalam Bahasa Italia berarti ‘kura-kura’, didesain pada basis model Chevrolet Corvair Monza. Jadi, walau mungkin Testudo semestinya bisa dipacu hingga 200 mph, pada kenyataannya, mesin flat-six berkapasitas 2.4-liter dan berpendingin udara milik Testudo, hanya ‘dianugerahi’ tenaga sebesar 81 hp saja.

Ini berarti, kecepatan bukanlah hal utama untuk Testudo, namun handling yang baik mungkin menjadi andalan berkat pengaturan suspensi independen dengan peredam teleskopik dan anti-roll bar yang diusungnya.

Konsep Retro Unik: Chevrolet  Corvair Testudo 1963

Prototipe Corvair Testudo ini dibuat berfungsi secara keseluruhan, dan bahkan Giugiaro pun pernah menggunakan mobil konsep ini untuk menjemput istrinya, Maria Teresa, yang kala itu masih bekerja di studio desain Fiat. Giugiaro menceritakan bagaimana karyawan Fiat menyerbu mobilnya, dan sebagian besar dari mereka ketinggalan kereta hanya karena terlalu lama mengagumi mobil yang dibawanya itu.

Setelah dipamerkan pada Geneva Motor Show 1963, Corvair Testudo diikutsertakan dalam sebuah film promosi untuk Shell. Namun, terjadi kecelakaan cukup parah pada saat syuting, yang mengakibatkan Testudo kemudian menjadi penghuni gudang Bertone selama beberapa dekade. Untungnya, mobil prototipe itu kemudian direstorasi oleh desainer Luciano d’Ambrosio di tahun ’90-an.

Konsep Retro Unik: Chevrolet  Corvair Testudo 1963

Setelah proses restorasi selesai, Chevrolet Corvair Testudo akhirnya membuat penampilan publik pertamanya kembali setelah 30 tahun, saat dihadirkan di event Pebble Beach Concours tahun 1996. Sebuah mobil yang provokatif, mungkin, namun menjadi salah satu yang tersukses, dalam gaya Bertone yang sesungguhnya. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)