Konsep Retro Unik: Porsche Tapiro 1970

Konsep Retro Unik: Porsche Tapiro 1970

Pada tahun 1970-an, desain mobil impian untuk ditampilkan di berbagai pameran mobil seperti Turin Motor Show sengaja dibuat ekstrem dalam bentuk dan mekanisnya, namun tetap dipikirkan untuk bisa diproduksi massal.

Seperti misalnya Porsche Tapiro ini, yang dirancang pada tahun 1970 oleh desainer otomotif kenamaan Giorgetto Giugiaro dari ItalDesign. Ini merupakan prototipe ke-4 Giugiaro yang digarap di rumah desain kenamaan Italia tersebut, dan menjadi salah satu karya favoritnya hingga saat ini.

Konsep Retro Unik: Porsche Tapiro 1970

Tapiro dibangun berdasarkan platform Porsche 914/6, menampilkan mesin flat Porsche 6-silinder berkapasitas 2.4-liter yang dipasang di tengah, menghasilkan tenaga 220 bhp pada 7.200 rpm. Mobil memiliki profil kaca depan yang tingginya hampir sama dengan kap mobil, dengan ukuran panjang 4.060 mm, lebar 1.760 mm, dan tinggi 1.110 mm saja.

Konsep Retro Unik: Porsche Tapiro 1970

Desain bentuk ‘baji’ juga digunakan pada mobil ini untuk pertama kalinya di era tersebut, dan akan digunakan lagi pada banyak model mobil lain di tahun-tahun berikutnya. Pintu dan kapnya sangat eksotis dan dianggap solusi mewah -walaupun sebagian menganggapnya eksentrik- untuk ukuran di masa itu.

Konsep Retro Unik: Porsche Tapiro 1970

Mobil memiliki pintu berdesain gullwing yang menyediakan akses tidak hanya kedalam kabin, namun juga pada ruang mesin dan ruang bagasi -yang kemungkinan mengambil inspirasi dari mobil ikonik DeTomaso Mangusta yang juga merupakan hasil karya Giugiaro sendiri selama masa jabatan sebelumnya di Ghia.

Konsep Retro Unik: Porsche Tapiro 1970

Lebih uniknya lagi, tak seperti kebanyakan mobil konsep yang hanya dibuat sebagai model dari bahan plester, Porsche Tapiro adalah mobil yang berfungsi sepenuhnya. Mobil bisa dijalankan layaknya mobil produksi biasa. Setelah dua tahun berkeliling di berbagai pameran mobil, Italdesign kemudian menjual Tapiro kepada seorang industrialis Spanyol.

Konsep Retro Unik: Porsche Tapiro 1970

Beberapa rumor mengatakan bahwa Tapiro ini sempat berfungsi sebagai tunggangan harian sang industrialis sampai akhirnya berakhir mengenaskan, dibakar oleh sekelompok pekerja yang mogok. Sisa-sisa mobil -yang tak pernah dibangun kembali- saat ini berada di museum perusahaan Italdesign. **MS/ Foto-foto: Carstyling.ru

KOMENTAR (0)