Audi 80 Cabriolet Eks Puteri Diana Segera Dilelang

Audi 80 Cabriolet Eks Puteri Diana Segera Dilelang

Kolektor dan para pemburu memorabilia Keluarga Kerajaan Inggris, terutama penggemar mendiang Puteri Diana, tentu memiliki hasrat tinggi untuk bisa memiliki Audi 80 Cabriolet keluaran tahun 1994 ini. Ya, ini tak lain dan tak bukan adalah mobil pribadi Puteri Diana yang sering ia kendarai sehari-hari semasa hidup.

Puteri Diana biasa mengendarai Audi 80 Cabriolet 1994 ini pada puncak popularitasnya di pertengahan era 1990-an, menjadi salah satu mobil yang paling banyak difoto selama periode itu. Audi sendiri kemudian mengakui bahwa penjualan model mobil mereka ini berlipat ganda setelah Diana terlihat sering mengendarai mobil bergaya open top ini di jalanan umum.

Audi 80 Cabriolet Eks Puteri Diana Segera Dilelang

Audi Cabriolet yang istimewa ini jelas memiliki nilai historis sekaligus status selebriti wanita paling dikenal di era 1990-an, dan tetap dipertahankan dalam kondisi nan indah dan terawat, setelah menempuh jarak hanya 22.000 mil atau 35.400 km sejak baru. Penggemar Keluarga Kerajaan Inggris juga akan menunjukkan bahwa convertible asal Jerman ini saat itu juga sering ditumpangi oleh sang Raja Inggris masa depan, Pangeran William.

Tenaga berasal dari mesin lima silinder berkapasitas 2.3-liter naturally-aspirated yang mampu menghasilkan tenaga 131 HP (133 PS) pada torsi 137-ft.lbs (186 Nm). Mesin dipasangkan dengan transmisi otomatis empat percepatan, memungkinkan Audi 80 ini untuk melaju hingga kecepatan tertinggi 123 mph atau 198 km/jam.

Audi 80 Cabriolet Eks Puteri Diana Segera Dilelang

Setelah kepemilikan Puteri Diana, Audi 80 Cabriolet yang berbalut warna ‘Gomera Pearl’ ini dibeli oleh Ian Campbell Dale, seorang penyiar dan penerbit Inggris kenamaan, sebelum berpindah tangan beberapa kali dari berbagai koleksi pribadi.

“Ini adalah mobil yang menakjubkan, yang masih diingat oleh banyak dari kita dari usia tertentu pada puncak popularitas sang Puteri kerajaan yang dicintai ini,” kata Simon Langsdale, Spesialis Lelang Mobil Klasik di Practical Classics seperti dikutip dari Carscoops.com. Mobil ini juga sempat dilelang oleh Silverstone Auctions di acara NEC Classic Car Show di Birmingham pada tahun 2016 silam.

Audi 80 Cabriolet Eks Puteri Diana Segera Dilelang

Audi 80 Cabriolet Eks Puteri Diana Segera Dilelang

Audi 80 Cabriolet eks Puteri Diana ini akan ditawarkan dalam acara lelang Practical Classics’ Classic Car and Restoration Show Sale 2020 di Birmingham, UK pada 28 Maret mendatang. Diperkirakan, mobil ini akan laku dilelang senilai GBP 35,000 hingga 40,000 (kisaran Rp 622 juta hingga 710 jutaan), membuatnya menjadi salah satu Audi 80 Cabriolet termahal yang pernah dilelang. **MS/ Foto-foto: Carscoops.com

KOMENTAR (0)