Bahaya Jika Kerikil Nyangkut di Alur Ban

Bahaya Jika Kerikil Nyangkut di Alur Ban

Kerikil yang tersangkut di alur ban mobil atau motor kadang dianggap sepele. Padahal efeknya bisa bahaya! Ada yang beranggapan nanti juga akan terlepas sendiri saat ban berputar.

Memang pada ban modern punya teknologi untuk melepas batu yang masuk ke dalam celah-celah ban. Jadi kalau ada kerikil kecil yang masuk ke celah ban dan terjepit di sana, benda tersebut bisa terpental sendiri saat ban berjalan.

Bahaya Jika Kerikil Nyangkut di Alur Ban

Beberapa ban punya alur yang didesain sebagai stone ejector dan bikin batu bisa terpental keluar saat roda berjalan. Tapi itu berlaku buat batu yang punya shape atau bentuk berbeda dengan celah ban. Jadi kalau ada batu kerikil yang masuk di ban dan ukurannya pas dengan alur, bukannya terpental malah bisa jadi makin menempel di alur ban.

Meskipun terlihat sepele, namun kebanyakan pemilik kendaraan selalu cuek saat melihat ada kerikil di alur ban tersebut. Padahal, itu bisa menjadi ancaman bagi pengendara di suatu waktu. Dimana kerikil yang menempel di alur ban tersebut akan terus menekan dan pasti efek selanjutnya akan masuk hingga ke kawat ban.

Bahaya Jika Kerikil Nyangkut di Alur Ban

Jika hal tersebut terjadi, akan mengakibatkan ban bisa kemasukan air dan pastinya akan merusak kontruksi ban itu sendiri. Dan akhirnya akan mengalami pecah ban. Jadi, kali kalian yang melihat ada batu masuk di alur ban kendaraan lebih baik langsung dikeluarkan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan.

KOMENTAR (0)