Cara Mengemudi Supaya Irit Konsumsi Bahan Bakar

Cara Mengemudi Supaya Irit Konsumsi Bahan Bakar

Pembicaraan netizen mengenai Toyota Avanza di media sosial tidak pernah ada habisnya, bahkan kerap kali viral. Di antaranya disebabkan ‘mobil sejuta umat’ ini begitu tangguh dan andal di jalan sehingga menjadi pilihan keluarga di Indonesia, salah satunya karena irit konsumsi bensin. Supaya mobil ini semakin irit, ada beberapa tips ringan yang bisa dilakukan oleh AutoFamily.

1. Periksa Tekanan Udara Ban

Ritual memeriksa tekanan udara ban sebelum berkendara sering terlupakan padahal sangat mempengaruhi konsumsi BBM. Sebagai contoh, jika tekanan udara ban kurang dari yang telah ditentukan, otomatis ban semakin berat menopang beban mobil. Apalagi jika penumpang di dalam mobil juga banyak, otomatis bobotnya bertambah dan mobil butuh asupan bahan bakar lebih untuk berjalan.

2. Manajemen Perjalanan

Jika punya waktu lebih, sebaiknya pergi lebih awal sehingga tidak tergesa-gesa di jalan. Termasuk menghindari macet yang umum terjadi di jalan yang biasa dilalui. Gunakan peta digital untuk menentukan rute perjalanan terbaik sehingga konsumsi bahan bakar dapat ditekan.

Cara Mengemudi Supaya Irit Konsumsi Bahan Bakar

3. Jaga Emosi di Mobil

Menjaga emosi di jalan sifatnya wajib karena begitu emosi, AutoFamily tidak akan bisa mengatur irama mengemudi dan menjadi agresif. Tidak hanya membuat penggunaan bensin meningkat, situasi ini bisa berujung pada keributan atau kecelakaan lalu lintas. Jangan terpancing emosi untuk berebut lajur jalan atau menyalip kendaraan lain sehingga membuat konsumsi bensin bertambah.

4. Mengemudi dengan Santai dan Halus

Selepas menyalakan mesin, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk berjalan. Pastikan segala keperluan, seperti kartu etoll, dompet, ponsel, dan mengatur playlist audio, sudah dipersiapkan. Membiarkan mobil idle dalam waktu lama jelas menghabiskan bensin sia-sia.

5. Ganti Posisi Gigi Transmisi di Momen yang Tepat

Avanza bertransmisi otomatis lebih mudah dalam penggantian posisi gigi karena sudah diatur oleh sistem kendaraan. AutoFamily cukup berkendara dengan halus agar gigi pindah di putaran mesin rendah, biasanya sekitar 2.000 rpm. Kalau lebih agresif dengan menekan pedal gas lebih dalam, gigi akan berpindah di putaran lebih tinggi sehingga menambah penggunaan bahan bakar.

Cara Mengemudi Supaya Irit Konsumsi Bahan Bakar

6. Manfaatkan Fitur Eco Indicator

Pengguna Avanza dapat memanfaatkan fitur ECO Indicator yang ada di panel instrumen mobil. Kalau berhasil berkendara irit bensin, maka lampu indikator berwarna hijau tersebut akan muncul dan menandakan AutoFamily bijaksana dalam mengatur injakan pedal gas. Jika sukses membuat ECO Indicator selalu menyala, berarti gaya mengemudi AutoFamily masuk dalam level eco driving.

7. Servis Berkala Secara Rutin

Servis berkala secara rutin di bengkel Auto2000 mengembalikan performa mesin Avanza supaya tetap bertenaga dan efisien. Termasuk memastikan komponen pendukung mobil dalam kondisi prima. Positifnya, konsumsi BBM tidak akan berlebihan.

KOMENTAR (0)