Cara Merawat Mesin Mobil Supaya Lulus Uji Emisi Gas Buang

Cara Merawat Mesin Mobil Supaya Lulus Uji Emisi Gas Buang

Terhitung mulai 24 Januari 2021, Pemprov DKI Jakarta akan melaksanakan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta No. 66 Tahun 2020 Tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Dalam aturan tersebut dinyatakan bahwa kendaraan dengan usia 3 tahun atau lebih wajib melaksanakan uji emisi gas buang. Jika tidak melakukan atau tidak lulus uji emisi, maka akan dikenakan disinsentif biaya parkir tertinggi serta penilangan oleh pihak kepolisian.

Timbul pertanyaan, bagaimana caranya supaya mobil milik AutoFamily bisa lulus uji emisi gas buang? Berikut Auto2000 jelaskan komponen mobil yang harus dirawat supaya sanggup lulus uji emisi. Sesuai Peraturan Menteri No. 05 Tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama untuk mobil mesin bensin produksi di atas 2007, ambang batas emisi gas buang di Indonesia berpatokan pada parameter karbon monoksida (CO) 1,5% Vol dan hidrokarbon (HC) 200 ppm Vol.

Cara Merawat Mesin Mobil Supaya Lulus Uji Emisi Gas Buang

Langkah awal, pastikan saluran masuk bahan bakar dan filter udara dalam keadaan bersih karena akan berpengaruh pada angka HC. Komponen yang kotor dapat menghambat aliran udara masuk ke ruang mesin dimana angka HC bisa semakin tinggi karena pasokan udara yang kurang saat proses pembakaran. Jangan lupa pula untuk memastikan koil dan busi selalu dalam kondisi prima ketika uji emisi sehingga proses pembakaran tidak bermasalah.

Mesin mobil wajib bekerja dalam suhu optimal saat uji emisi dengan cara memeriksa sistem pendingin dan pelumas mesin. Oli yang ikut terbakar akan meningkatkan angka CO, termasuk pula membebani kerja mesin sehingga emisi gas buangnya sulit dikendalikan.

Sensor oksigen harus dalam kondisi bersih dan tidak rusak mengingat tugasnya sangat krusial untuk menciptakan pembakaran yang sempurna. Termasuk memperhatikan kondisi catalytic converter di knalpot mobil yang bertugas untuk mengubah emisi gas buang beracun menjadi udara bersih. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah biarkan mesin dalam kondisi standar alias tidak dimodifikasi dan gunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan agar pembakaran di dalam ruang mesin bisa berlangsung lebih sempurna.

Cara Merawat Mesin Mobil Supaya Lulus Uji Emisi Gas Buang

Pembakaran yang sempurna bisa menekan angka CO karena minimnya endapan karbon di ruang bakar dari sisa pembakaran yang bermasalah. Yang tidak kalah penting, dengan terjaganya efisiensi akan membuat mesin irit bensin dan terjaga performanya. Gunakan buku manual kepemilikan kendaraan atau berdiskusi dengan Service Advisor (SA) bengkel Auto2000 sebagai rujukan informasi lebih detail dan akurat.

Melihat banyaknya komponen mesin yang harus diperiksa, AutoFamily bisa mengalami kesulitan untuk melakukannya di tengah kesibukan. Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 memiliki solusi mudah dan cepat yakni servis berkala. Mobil yang menjalankan servis berkala mendapatkan pengecekan secara menyeluruh, termasuk komponen mesin yang disebutkan di atas. Dalam prosesnya, teknisi terlatih memanfaatkan fasilitas uji emisi modern dengan parameter pengujian sesuai dengan aturan pemerintah untuk memeriksa kondisi mesin.

SA akan memberitahukan kepada AutoFamily jika mobilnya belum lulus uji emisi dan langkah perbaikan yang harus dilakukan. Untuk melakukan service berkala, AutoFamily dapat memanfaatkan Paket SPONTAN (Siaga Kupon Perawatan) yang berlaku hingga 31 Januari 2021 di Auto2000 Digiroom

KOMENTAR (0)