F1 Emilia Romagna 2020, Hamilton Podium Pertama

F1 Emilia Romagna 2020, Hamilton Podium Pertama

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, berhasil menjuarai balapan Formula 1 (F1) GP Emilia Romagna 2020. Sementara itu, Max Verstappen gagal menyelesaikan lomba. Balapan F1 GP Emilia Romagna digelar di Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari atau yang lebih dikenal dengan nama Sirkuit Imola, Italia, pada Minggu (1/11/2020) malam WIB.

Valtteri Bottas yang start dari posisi terdepan mengawali balapan dengan sangat baik. Driver tim Mercedes itu memimpin lomba, diikuti Max Verstappen di urutan kedua dan Lewis Hamilton di posisi ketiga. Duel sengit antara Bottas, Verstappen, dan Hamilton pun terjadi pada lap-lap berikutnya.

F1 Emilia Romagna 2020, Hamilton Podium Pertama

Pada lap ke-9, Pierre Gasly dari tim AlphaTauri menjadi pebalap pertama yang harus keluar lomba karena masalah teknis mobilnya. Di posisi depan, Bottas masih memimpin, sementara Hamilton terus membayangi Verstappen dengan jarak tak lebih dari satu detik. Verstappen menjadi pebalap pertama dari tiga besar yang masuk pit untuk mengganti ban pada lap ke-19. Hal yang sama kemudian dilakukan oleh Bottas, sedangkan Hamilton baru masuk pit untuk kali pertama pada lap ke-30.

Strategi jitu Hamilton membuatnya bisa mengamankan jarak dengan Bottas dan Verstappen yang berada di belakangnya. Pebalap asal Inggris itu terus melaju di posisi terdepan hingga memasuki lap ke-38. Melebarnya Bottas pada lap ke-43 berhasil dimanfaatkan Verstappen untuk memangkas jarak. Verstappen pun akhirnya bisa menyalip Bottas untuk merebut posisi kedua.

Hingga balapan F1 GP Emilia Romagna menyisakan 13 lap, Hamilton berada di posisi pertama, diikuti Verstappen dan Bottas. Namun pada lap ke-51, Verstappen mengalami nasib sial karena ban kanan belakangnya pecah. Pebalap Red Bull itu pun keluar lintasan dan gagal menlanjutkan lomba.

F1 Emilia Romagna 2020, Hamilton Podium Pertama

Insiden yang dialami Verstappen membuat safety car masuk ke lintasan. Sementara itu, nasib buruk juga dialami George Russell yang gagal mengendalikan mobilnya dan menabrak pembatas. Green flag dikibarkan pada lap ke-58. Hamilton masih memimpin lomba, diikuti Bottas dan Daniel Ricciardo yang sukses menembus posisi ketiga.

F1 GP Emilia Romagna 2020 menyisakan tiga lap, posisi Lewis Hamilton tak tergoyahkan. Hamilton pun menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis. Kemenangan ini sekaligus membuat Mercedes mengunci gelar juara konstruktor F1 2020. Di belakang Lewis Hamilton ada Valtteri Bottas yang finis kedua, dan Daniel Ricciardo (Renault) yang sukses merebut podium ketiga F1 GP Emilia Romagna 2020.

KOMENTAR (0)