Ferrari Ini Bakal Pecahkan Rekor Mobil Lelang Termahal

Ferrari Ini Bakal Pecahkan Rekor Mobil Lelang Termahal

Sebuah Ferrari 250 GTO Berlinetta keluaran 1962 telah dijadwalkan untuk menciptakan rekor dunia baru untuk mobil paling mahal yang pernah dilelang, di acara lelang Bonhams yang akan diselenggarakan di Quail Lodge, California pada tanggal 15 Agustus mendatang.

Dilansir dari Classic & Sportscar, Ferrari langka ini awalnya dikirim untuk juara ski Perancis Henri Oreiller pada tanggal 11 September 1962. Tak lama kemudian, sang 250 GTO terlibat dalam sebuah kecelakaan di Montlhery yang menewaskan Oreiller. Mobil ini kemudian diperbaiki oleh Ferrari, dan dijual kepada pebalap Paolo Colombo.

Ferrari Ini Bakal Pecahkan Rekor Mobil Lelang Termahal

Mobil berkelir merah ini kemudian menjalani dua tahun penuh kompetisi, dan berpindah tangan dua kali lagi: pertama dijual ke Ernesto Prinoth pada tahun 1964, kemudian pada tahun 1965 berpindah tangan ke Fabrizzio Violati.

Ferrari 250 GTO ini memiliki sasis #3851 GT, dan merupakan mobil ke-19 dari hanya 39 unit Ferrari 250 GTO Berlinetta yang pernah dibangun. Mobil klasik langka ini juga memecahkan rekor kepemilikan satu keluarga terlama yaitu 49 tahun, mulai dari tahun 1965 hingga sekarang.

Ferrari Ini Bakal Pecahkan Rekor Mobil Lelang Termahal

“250 GTO adalah salah satu mobil yang paling karismatik di pasar kolektor, dan telah banyak dugaan tentang seberapa banyak yang telah dijual dalam beberapa tahun terakhir,” kata James Knight, Group Director dari Motoring Department di Bonhams. “Lelang ini adalah cara yang nyata dan jujur untuk mengetahui seberapa tinggi nilai mereka, dan membiarkan pasar yang memutuskan.”

Rekor untuk mobil lelang termahal saat ini dipegang oleh Mercedes-Benz W196 Juan Manuel Fangio keluaran tahun 1954, yang terjual di Bonhams seharga USD 29,6 juta (sekira Rp 352 miliar) tahun 2013 lalu.

Ferrari Ini Bakal Pecahkan Rekor Mobil Lelang Termahal

Namun, Ferrari GTO telah terjual untuk angka yang lebih tinggi dalam penjualan secara pribadi. Sebuah 250 GTO keluaran 1963 bahkan pernah terjual pada awal tahun lalu senilai 32 juta poundsterling atau 652 miliar! Karena itulah, Ferrari 250 GTO ini diyakini bakal mampu memecahkan rekor mobil lelang termahal di Bonhams nanti. Kita tunggu saja hasilnya. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)