Generasi Baru Avanza-Xenia Diprediksi Alami Kenaikan Harga

Generasi Baru Avanza-Xenia Diprediksi Alami Kenaikan Harga

Generasi baru Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dikabarkan akan segera meluncur akhir tahun ini dan diprediksi akan mengalami kenaikan harga berdasarkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB).

Dalam lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2021, terdapat lampiran yang menyertakan kode mobil diduga Avanza dan Xenia berserta dengan harga NJKB.

Kode baru itu yakni W100RE dan W101RE yang diprediksi model baru Avanza. Lalu harga NJKB Avanza yang tertera pada kode Rp157 juta sampai Rp227 juta, ini naik dari model sekarang beredar Rp151 juta sampai Rp188 juta.

Kenaikan NJKB juga terlihat pada kode W100RG dan W101RG yang diduga mewakili Xenia. Model Xenia saat ini dengan kode F653RV dan F654RV punya nilai NJKB Rp144 juta hingga Rp170 juta, sedangkan NJKB di kode baru Rp135 juta- Rp172 juta.

Kenaikan harga ini kemungkinan berasal dari sejumlah pengembangan baru yang terhitung dari penggantian platform, hingga sistem gerak dari belakang menjadi ke depan hingga tersematnya fitur terbaru. Fitur-fitur ini termasuk penggantian model transmisi otomatis dari konvensional ke CVT. Selain itu ada paket fitur keselamatan baru bakal Avanza yaitu Toyota Safety Sense (TSS). TSS sebelumnya sudah dipakai di Raize, terdiri dari enam Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS BSM (blind spot monitor) RCTA (Rear Traffic Control Alert).

Generasi Baru Avanza-Xenia Diprediksi Alami Kenaikan Harga

Sementara itu kode juga menunjukkan Xenia kelihatannya bakal punya varian dengan fitur A.S.A.(Advanced Safety Assist). Teknologi ini sudah tersedia di Rocky, yang di antaranya terdiri dari Pre Collision Brake dan Lane Departure Warning.

Nilai NJKB bukanlah harga yang ditawarkan ke konsumen. NJKB merupakan patokan harga untuk pengenaan berbagai macam pajak seperti BBN, PPn, hingga PPnBM.

Ada kemungkinan jika Avanza-Xenia terbaru akan segera mengaspal memasuki bulan November dan Desember tahun ini dan pemesanan awal sudah dibuka bagi konsumen.

KOMENTAR (0)