Harley-Davidson Buatan Cina Gunakan Basis Benelli 302s?

Harley-Davidson Buatan Cina Gunakan Basis Benelli 302s?

Produsen motor gede (moge), Harley-Davidson ternyata kepincut juga bermain di pasar motor kecil. H-D dikabarkan sedang mempersiapkan produk bermesin dengan kubikasi 338cc yang akan diproduksi di Cina.

Pabrik QianJiang Motorcycle akan ditunjuk menjadi basis produksi motor H-D tersebut. QianJiang merupakan bagian dari Geely Group yang juga menaungi Benelli. Itu berarti, tak mustahil juga motor H-D lansiran QianJiang tersebut mengaspal di Indonesia melalui jaringan Benelli yang sudah ada di Tanah Air.

Perlu diketahui, Qian Jiang Motorcycle (Benelli) berada di bawah naungan Geely, sama seperti Volvo, Proton, dan Mercedes-Benz.

Harley-Davidson Buatan Cina Gunakan Basis Benelli 302s?

Sebelumnya, H-D yang berdiri sejak 1900-an di Amerika Serikat terkenal dan sangat identik menghasilkan mesin berkapasitas besar. Dengan konfigurasi mesin V-Twin yang legendaris, setidaknya memiliki kapasitas mesin diatas 700cc. Sedangkan beberapa tahun lalu juga di Tanah Air sempat diniagakan H-D Street 500.

Namun dengan keputusannya berkolaborasi bersama produsen otomotif asal Cina, QianJiang, diyakini ini bagian dari strategi H-D untuk mengembangkan potensi H-D untuk bermain di segmen menengah ke bawah. Dengan begitu lebih mempermudah konsumen untuk memilki sepeda motor bermerek H-D.

Harley-Davidson Buatan Cina Gunakan Basis Benelli 302s?

Benelli 302s

Seperti dilansir MotorBeam.com (26/6), H-D 338cc tersebut akan berbagi teknologi dengan Benelli 302S. Komponen yang akan digunakan yakni gabungan dari mesin 300cc dan 500cc untuk menghasilkan mesin 338cc khusus untuk Harley-Davidson yang baru.

Dengan persentase berbagi komponen yang tinggi, mereka yakin proses pengembangan tidak akan memakan waktu lama. H-D juga mengumumkan bahwa motor berkapasitas kecil baru akan mulai dijual pada akhir tahun depan.

 

 

 

KOMENTAR (0)