Harley-Davison Lebih Seimbang Pada Kecepatan Rendah, Ini Sebabnya

Harley-Davison Lebih Seimbang Pada Kecepatan Rendah, Ini Sebabnya

Kendala kerap dialami oleh pengendara motor gede (moge) saat harus melaju dalam kondisi pelan. Dengan bobot yang berat, moge sulit dikendalikan pada kecepatan rendah untuk tetap berdiri tegak atau sulit diseimbangkan.

Harley-Davidson (HD) mengatasinya dengan menghadirkan terobosan baru. Pabrikan sepeda motor asal Amerika Serikat tersebut tengah menyiapkan teknologo self-balancing.

Dikutip OtoBlitz.net dari Paultan, HD mengembangkan sistem giroskopi untuk menyeimbangkan motor. Teknologi ini bahkan sudah dipatenkan pada Mei 2020. Itu berarti, sistem penyeimbang motor ini akan eksklusif dimiliki oleh brand legendaris tersebut.

Harley-Davison Lebih Seimbang Pada Kecepatan Rendah, Ini Sebabnya

Produsen otomotif yang bermarkas di Milawukee ini menggunakan gimbal yang dikombinasikan dengan kecepatan serta sensor. Cara kerjanya, giroskopi akan dipasangkan pada Inertial Measurement Unit (IMU) di kendaraan, dan komputer akan mengatur keseimbangan sejak kecepatan rendah.

Teknologi ini akan aktif otomatis saat motor melaju di kisaran 5 km/jam. Dalam kondisi tersebut, giroskop akan mencari keseimbangan yang memudahkan pengendara mengendalikan motor. Sedangkan saat motor melaju pada kecepatan tinggi, giroskop akan berhenti bekerja sehingga motor bisa dikendalikan secara normal.

KOMENTAR (0)