Honda Berhasil Podium Sebelas Kali Berturut-Turut Di Musim 2020

Honda Berhasil Podium Sebelas Kali Berturut-Turut Di Musim 2020

Honda berhasil meraih podium yang ke-11 kalinya secara berturut-turut di musim balap F1 2020 setelah menyelesaikan seri Grand Prix Portugal yang diadakan pada 25 Oktober 2020. Dalam seri ini, Max Verstappen dari tim Aston Martin Red Bull Racing berhasil naik podium di posisi ketiga,  sementara pembalap tim Scuderia AlphaTauri – Pierre Gasly juga berhasil finis di posisi kelima.

Max bertarung sengit dengan Valtteri Bottas serta Sergio Perez di awal lomba, dimana pembalap asal Belanda tersebut sempat mundur ke posisi kelima. Begitu pula Alex Albon yang juga kehilangan posisinya di lap pembukaan sementara Pierre tetap bertahan di posisi sepuluh.

Memanfaatkan ban lunak, Max kemudian kembali ke posisi ketiga saat hujan reda dan mencoba menekan pasangan Mercedes di depan. Di belakangnya, Pierre juga berhasil melewati Kimi Raikkonen untuk posisi kedelapan pada lap 10, dan tiga lap kemudian dia berhasil mendahului Lando Norris untuk posisi keenam.

Honda Berhasil Podium Sebelas Kali Berturut-Turut Di Musim 2020

Alex masih berjuang untuk membuat kemajuan hingga lap 19 untuk beralih ke ban medium. Satu lap kemudian, Pierre berhasil naik ke posisi kelima saat dia menyalip Carlos Sainz. Selanjutnya, Max berhenti pada lap 23 untuk mengganti ban medium hingga akhir, lalu Pierre melakukan hal yang sama pada lap 29 dan berhasil masuk kembali ke posisi keenam dan melakukan gerakan luar biasa di luar di Tikungan 1 di putaran terakhir untuk merebut posisi kelima.

Pada akhirnya, strategi dua-stop Alex tidak membuahkan hasil dan harus puas di posisi ke-12. Podium dari Max menambah raihan koleksi podium Honda di tahun 2020 menjadi 11 podium, menyamai total dari seluruh pencapaiannya musim lalu. Sementara itu balapan musim 2020 ini masih menyisakan 5 seri.

Toyoharu Tanabe sebagai Technical Director Honda F1 mengatakan, “Di GP Portugal kemarin, Max mengamankan podium ketiganya berturut-turut untuk Aston Martin Red Bull Racing, sedangkan bagi Honda itu adalah podium ke-11 berturut-turut. Di AlphaTauri, Pierre tampil dengan cepat sepanjang akhir pekan, termasuk hari ini, ketika dia menghasilkan beberapa umpan balik yang bagus untuk menghasilkan poin berharga bagi tim.

Saat ini, manajemen penggunaan ban merupakan kunci utama dan itulah yang diterapkan oleh Max dan Pierre pada balapan mereka. Sekarang kita akan menuju ke Imola, untuk balapan ketiga musim ini di Italia. Lokasi trek ini tidak jauh dari pabrik AlphaTauri, jadi ini akan menjadi akhir pekan yang penting juga bagi kami. Ini akan menjadi sirkuit lain yang belum pernah kami kunjungi di era turbo hybrid, sehingga menjadi tantangan yang menarik bagi semua orang, terutama karena uji coba F1 dalam format 2 hari, dengan hanya 90 menit latihan bebas untuk persiapan kualifikasi dan balapan.”

Honda Berhasil Podium Sebelas Kali Berturut-Turut Di Musim 2020

Hingga saat ini, Tim Aston Martin Red Bull Racing berhasil mengumpulkan total 226 poin di posisi ke-2 pada klasemen konstruktor. Sedangkan Scuderia AlphaTauri dengan perolehan 77 poin di posisi ke-7.

 

KOMENTAR (0)