Honda CBR400RR Berteknologi VTEC Akan Meluncur Tahun Depan

Honda CBR400RR Berteknologi VTEC Akan Meluncur Tahun Depan

Persaingan di segmen motor sport sangatlah ketat. Pabrikan Jepang berlomba-lomba memproduksi motor terbaiknya untuk meraih atensi pecinta otomotif.

Untuk meramaikan segmen moge entry level, Honda dikabarkan tengah membuat Honda CBR400RR, 400cc 4 silinder berteknologi katup variabel VTEC. Motor ini diharapkan bisa menjadi lawan tangguh Kawasaki yang telah meluncurkan motor 250cc 4 silinder, Ninja ZX-25R.

Honda CBR400RR Berteknologi VTEC Akan Meluncur Tahun Depan

Dalam waktu dekat, Honda diprediksi akan melakukan gebrakan baru di segmen motor sport entry level. Hal ini menjadi jawaban dari diluncurkannya Ninja ZX-25R dan menguatnya rumor All New Ninja ZX-4R.

Untuk melawan posisi tahta Kawasaki di segmen ini, tentunya Honda akan membuat suatu diferensiasi. Tidak hanya menawarkan mesin 400cc, 4 silinder, Honda juga akan menyematkan teknologi katup variabel alias VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control).

Honda CBR400RR Berteknologi VTEC Akan Meluncur Tahun Depan

Di atas kertas, mesin ini memiliki spesifikasi 399cc VTEC empat silinder segaris, dengan output tenaga maksimal 56 PS pada 11.000 rpm dan torsi 39 Nm pada 9.500 rpm. Mesin DOHC 4-tak itu dibekali transmisi 6-percepatan dan diupayakan lolos standar EURO 5.

Menurut Young Machine, motor ini nantinya akan bernama CBR400RR, bukan CBR400RR-R. Artinya peruntukkan motor ini memang untuk di jalanan umum, bukan sirkuit.

Kabarnya, Honda akan mengadopsi mesin CB400 Super Four sebagai basis pengembangannya dan tidak perlu lagi mengeluarkan uang dan riset untuk mengembangkan mesin baru. Hal ini diharapkan bisa mempercepat waktu produksi untuk memenuhi permintaan pasar.

Waktu peluncuran Honda CBR400RR belum bisa diprediksi. Namun perkenalan motor ini diperkirakan akan bergantung pada pergerakan Kawasaki yang siap merilis All New Ninja ZX-4R.

KOMENTAR (0)