Honda Perpanjang Penutupan Pabrik Hingga Mei 2020

Honda Perpanjang Penutupan Pabrik Hingga Mei 2020

PT Honda Prospect Motor (HPM) memperpanjang penutupan sementara fasilitas pabriknya di Karawang, Jawa Barat. Kebijakan ini dilakukan hingga akhir Mei 2020, merespons kebijakan penanganan pandemi virus corona di Tanah Air.

Sebelumnya, HPM sudah menutup pabrik selama 14 hari atau sejak 13 hingga 24 April 2020. Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengkonfirmasi soal penyetopan operasional pabrik tersebut. “Pada bulan lalu (April) kami sudah menginformasikan sementara penghentian produksi, sekarang kami perpanjang sampai akhir Mei 2020,” kata Yusak Billy.

Honda Perpanjang Penutupan Pabrik Hingga Mei 2020

Keputusan tersebut, lanjut Yusak, juga dilakukan untuk menjaga kestabilan stok dan permintaan di diler. Terlebih guna menjaga ketersediaan bahan baku yang turut mulai mengalami pengurangan rantai pasokan. “Kami hentikan sampai akhir bulan Mei supaya stok unitnya sehat di setiap diler. Dan jangan suplai secara berlebihan, karena kita tahu market-nya turun jauh,” ujarnya.

Sementara untuk kebutuhan ekspor, Yusak memastikan stok unitnya tidak terganggu karena penghentian produksi. Hanya saja, proses pengapalan ke sejumlah negara tujuan seperti Filipina dan Vietnam sempat terganggu karena kebijakan lockdown di negara tersebut.

Honda Perpanjang Penutupan Pabrik Hingga Mei 2020

“Walaupun berhenti sementara produksinya, kebutuhan ekspor CBU (Completely Built Up) Honda ke Filipina dan Vietnam sudah kami produksi di April. Sekarang Mei, ekspor sudah jalan lagi, jadi planning awal tahun (2020 ini) belum mengalami perubahan,” paparnya.

KOMENTAR (0)