Jack Miller Berhasil Kuasai Podium MotoGP Spanyol

Jack Miller Berhasil Kuasai Podium MotoGP Spanyol

Pembalap tim Ducati, Jack Miller keluar sebagai juara pada balapan MotoGP Spanyol 2021. Jack Miller merebut kemenangan pada MotoGP Spanyol 2021 setelah finis paling depan dalam balapan yang berlangsung Sirkuit Jerez, Minggu (2/5/2021).

Dalam balapan selama 25 lap tersebut, Jack Miller mampu mengungguli rekan setimnya Francesco Bagnaia diurutan kedua. Adapun posisi ketiga ditempati oleh pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli. Sementara itu, Fabio Quartararo hanya bisa finis di urutan ke-13.

Begitu bendera start dikibarkan, Jack Miller langsung mengambil alih posisi terdepan. Sementara itu posisi kedua ditempati oleh pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli. Langkah Franco Morbidelli ditempel ketat oleh rekan satu tim Francesco Bagnaia.

Jack Miller Berhasil Kuasai Podium MotoGP Spanyol

Masih lap pertama, nasib sial dialami Alex Marquez dari LCR Honda yang mengalami kecelakaan di tikungan 8. Satu lap kemudian, Fabio Quartararo yang sebelumnya start dari urutan terdepan berhasil merebut posisi ketiga. Adapun rider andalan Repsol Honda yakni Marc Marquez masih berjuang keras dari urutan ke-14.

Setelah Brad Binder dari Red Bull KTM, pembalap Suzuki, Alex Rins juga crash di tikungan 6. Memasuki lap keempat, Fabio Quartararo merangsek ke urutan kedua, dia terpaut o,1 detik dari Jack Miller. Fabio Quartararo mengambil alih posisi terdepan dari tangan Jack Miller, sedangkan urutan ketiga ditempati Morbidelli.

Progres juga ditunjukkan pembalap Aprilia, Aleix Espargaro yang menduduki urutan keempat setelah start dari posisi kedelapan. Beralih ke barisan belakang, rekan satu tim Franco Morbidelli, Valentino Rossi masih belum beranjak dari urutan ke-17. Fabio Quartararo perlahan-lahan mulai menciptakan gap sebesar 0,6 detik dengan Jack Miller saat lap ketujuh.

Jack Miller Berhasil Kuasai Podium MotoGP Spanyol

Dua pembalap Repsol Honda yakni Pol Espargaro dan Marc Marquez saling bersaing merebutkan posisi ke-10. Persaingan sengit juga terjadi untuk merebutkan posisi keempat antara Aleix Espargaro dan Francesco Bagnaia. Kedua pembalap tersebut saling melancarkan aksi manuver sebelum Takaaki Nakagami turut meramaikan persaingan.

Memasuki 15 lap terakhir, Fabio Quartararo semakin menjauh dari pesaing terdekatnya, Jack Miller. Pembalap berjuluk El Diablo itu mencatatkan keunggulan hingga 1,3 detik atas Jack Miller. Setelah bekerja cukup keras, Marc Marquez berhasil menyalip Pol Espargaro untuk merangsek ke urutan 10 besar.

Brad Binder kembali mengalami crash di tikungan 13 saat balapan memasuki putaran ke-13. Sementara itu, Jack Miller perlahan-lahan mampu memangkas selisih waktu dengan Fabio Quartararo. Balapan MotoGP Spanyol 2021 menyisakan 10 lap terakhir, Jack Miller sukses mengambil tempat Fabio Quartararo. Pembalap asal Australia tersebut melakukan manuver cantik untuk mendahului Fabio Quartararo di tikungan 1.

Jack Miller Berhasil Kuasai Podium MotoGP Spanyol

Sedangkan Francesco Bagnaia masih berduel dengan sengit melawan Franco Morbidelli untuk posisi ketiga. Tak berselang lama, Fabio Quartararo harus turun satu tingkat setelah posisinya direbut Francesco Bagnaia. Rekan satu tim Maverick Vinales di Monster Energy Yamaha itu harus turun ke posisi keempat.

Fabio Quartararo gagal mempertahankan posisinya setelah Franco Morbidelli melancarkan aksi manuver. Posisi pembalap berusia 22 tahun itu semakin melorot ke posisi ke-10 setelah dia juga disalip Marc Marquez. Hingga lima lap terakhir, Jack Miller masih melenggang di depan meninggalkan Francesco Bagnaia.

Hingga bendera finis berkibar, tidak ada yang mampu menggoyahkan dua pembalap Ducati tersebut. Adapun posisi ketiga berhasil ditempati oleh Franco Morbidelli yang melaju di atas motor YZR-M1 versi lama. Di sisi lain, Fabio Quartararo harus mengakhiri MotoGP Spanyol 2021 dengan rasa kecewa usai finis di urutan ke-13.

KOMENTAR (0)