Kreator ‘Batmobile’ George Barris Tutup Usia

Kreator 'Batmobile' George Barris Tutup Usia

Modifikator dan kreator terkenal mobil-mobil kustom nan unik, George Barris, tutup usia pada hari Kamis, 5 November lalu dalam usia 89 tahun. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah ‘Batmobile’, tunggangan Batman dan Robin yang ikonik, dalam serial TV terkenal era 1960-an.

Barris adalah anak imigran Yunani dan lahir sebagai George Salapatas pada 20 November 1925 di Chicago. Setelah ibunya meninggal ketika ia berusia tiga tahun, ia dikirim ke keluarga pamannya, John Barakaris, untuk dibesarkan. George kemudian mengubah nama belakangnya menjadi Barris, dan memulai petualangannya dalam dunia otomotif.

Kreator 'Batmobile' George Barris Tutup Usia

Menurut The Washington Post, George menyukai model dan desain mobil dan pesawat terbang, yang membuatnya hijrah ke ‘City of Angels’ di saat tren ‘ruang angkasa’ dan ‘mesin jet pesawat terbang’ baru saja dimulai. Tak butuh waktu lama, Barris pun mulai bereksperimen dengan desain kendaraannya yang unik seperti tailfin dan bubbletop, kemudian menciptakan perusahaannya sendiri –Barris Kustom– dan, pastinya, mulai menarik minat kalangan Hollywood.

Kreator 'Batmobile' George Barris Tutup Usia

Dua unit Chevy 1948, yang dibuat untuk High School Confidential, kemudian digunakan sebagai model untuk merancang Mercury tunggangan James Dean dalam film terkenal Rebel Without a Cause, dan bahkan ikut merancang pula Porsche 550 ‘Little Bastard’ milik Dean, yang pada akhirnya membawa sang aktor muda menemui ajalnya beberapa tahun kemudian.

Kreator 'Batmobile' George Barris Tutup Usia

Namun, apa yang benar-benar membuat nama George Barris melambung, adalah mobil tunggangan sang jagoan malam Batman dan Robin dalam serial TV superhero laris di pertengahan 1960-an, yang berjuluk ‘Batmobile’. Mobil ini dibangun berbasiskan sebuah Lincoln Futura 1955, dan dimodifikasi hanya dalam waktu 15 hari dengan anggaran USD 15,000.

Kreator 'Batmobile' George Barris Tutup Usia

George Barris meninggal dunia pada Kamis 5 November, pukul 02.45 pagi waktu setempat, meninggalkan seorang putri, Joji Barris-Paster; putranya, Bret; dan seorang cucu, Jared. Selain ‘Batmobile’, beberapa hasil desain dan modifikasi Barris yang terkenal lainnya adalah ‘KITT’ dari serial Knight Rider, ‘Munster Koach’ dari serial The Munsters, hingga Ford Torino tunggangan duo detektif jagoan dalam Starsky & Hutch.

Kreator 'Batmobile' George Barris Tutup Usia

“Maaf harus memberitahukan bahwa ayah saya, raja mobil kustom George Barris, telah pindah ke ‘bengkel yang lebih besar’ di Langit,” tulis Brett Barris dalam sebuah postingannya di Facebook. “Dia meninggal dengan damai dalam tidurnya jam 02:45 A.M hari ini (Kamis). Dia dikelilingi oleh keluarganya dalam kenyamanan, dimana dia hanya ingin semua orang untuk menikmati passion dan karya-karya indah yang telah ia berikan sepanjang hidupnya.” Rest in Peace, George Barris, You’ll Always be Our Legend. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)