Marc Marquez Masih ‘King Of Sachsenring’

Marc Marquez Masih 'King Of Sachsenring'

Marc Marquez (Repsol Honda) tampil mengejutkan di MotoGP Jerman 2021, Minggu (20/6). Start dari posisi 5, tiba-tiba selepas start merangsek ke baris terdepan dan langsung memimpin sepanjang 30 lap. Berakhir dengan meraih kemenangan ke-11 kalinya di Sirkuit Sachsenring, mengukuhkan dirinya masih sebagai “King of Sachsenring.”

Performa fisik yang belum 100% memang menjadi kendala bagi Marquez, terutama saat tikungan ke kanan. Beruntung, sirkuit sepanjang 3.671 meter ini memiliki tiga tikungan ke kanan dan sepuluh ke kiri. Sehingga rasa sakit yang diderita ketika menikung ke kanan masih bisa ditahan hingga 30 lap.

Marc Marquez Masih 'King Of Sachsenring'

Di Sachsenring kali ini juga ada kejutan dari pembalap Red Bull KTM Factory Racing, karena Miguel Oliveira berhasil finis posisi dua. Sedangkan Brad Binder bisa finis posisi empat. Tak sempat mengejar Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang selamatkan posisi tiga.

Marquez yang tiba-tiba menang di Sachsenring tentunya memupus penderitaan para penggemarnya, sebab sejak cidera dan masa pemulihan banyak yang memprediksi podium hanya tinggal impian.

Dirinya mengakui bahwa balapan kali ini merupakan hal terpenting dan terberat dalam karirnya. Karena cukup sulit untuk menjaga posisi terdepan. Dan, sebelum balapan Marquez memiliki target untuk meraih podium.

Marc Marquez Masih 'King Of Sachsenring'

“Tetapi, kemenangan saya dapat diraih karena saya dalam kondisi sangat baik. Saat balapan menyisakan 4 lap, saya sedikit memaksa dan menjaga gap. Tentu, itu sangat berat karena membutuhkan konsentrasi penuh,” ungkap Marc Marquez.

Sementara itu Oliveira yang melesatikan KTM RC16 mengakui seperti main “Kucing dan tikus” saat mengejar Marquez. Sebab di beberapa sektor pembalap KTM ini seperti bisa mendekati pembalap Honda bernomor 93 tersebut, namun sisanya ditinggal jauh. Tapi setidaknya masih bisa menahan jarak tak tetinggal jauh terpaut 1,610 detik.

Marc Marquez Masih 'King Of Sachsenring'

“Balapan kali ini berasa kucing dan tikus. Saya bisa cepat di beberapa sektor, tapi pupus sudah. Berharap bisa saling bertarung posisi, namun dirinya mencoba membuat jarak dan meninggalkan saya di posisi dua. Tetapi, saya senang bisa meraih podium lagi,” kisah pembalap bernomor 88 ini.

“Podium yang saya perjuangkan hari ini cukup berat karena saya berjuang hingga akhir. Saya berikan semua kemampuan saya untuk tim dan saya berikan podium untuk Yamaha. Tetapi, balapan kali ini cukup berat untuk kami. Dan, tidak sabar untuk balapan berikutnya,” ungkap Fabio Quartararo.

KOMENTAR (0)