Mercedes-Benz GenH2, Truk Hidrogen Fuel-Cell

Mercedes-Benz GenH2, Truk Hidrogen Fuel-Cell

Merek Daimler Trucks hari ini mempresentasikan yang diklaim teknologi terbaru untuk transportasi dari segi keamanan, bahan bakar dan kendaraan konsep terbaru. Salah satu variannya adalah GenH2 Truk yang merupakan truk heavy-duty berbahan bakar hidrogen. The truck New Actros, yang diklaim berorientasi pada fungsionalitas dengan efisiensi tinggi.

GenH2 ini merupakan bagian dari pengembangan jangka panjang truk Mercedes-Benz. Tujuannya untuk dikembangkan sebagai kendaraan angkut dengan daya jelajah jarak jauh. Didesain untuk memiliki kemampuan setara Actros, GenH2 diklaim mampu mengangkut hingga 25 ton dengan GVW 40 ton. Untuk itu, disediakan dua unit motor listrik bertenaga puncak 449 PS dengan torsi 2.071 Nm.

Mercedes-Benz GenH2, Truk Hidrogen Fuel-Cell

GenH2 dibekali dengan fuel cell system berdaya 300 kW dan baterai tambahan yang mampu menghasilkan daya cadangan sebesar 400 kW. Tenaga cadangan nantinya akan membantu ketika truk membutuhkan daya lebih. Seperti mengangkut beban berat di tanjakan, atau akselerasi awal saat muatan penuh.

Soal daya jelajah, GenH2 tak bisa dianggap remeh. Hanya dengan satu tabung hidrogen penuh untuk sistem fuel cell-nya saja truk ini mampu menempuh hingga 1.000 km. Truk ini dilengkapi dua tangki hidrogen berbobot 40 kg. Jadi, secara total bisa menempuh jarak 2.000 km tanpa isi ulang.

Selain itu, DCVI juga memperkenalkan Mercedes-Benz Intouro dan eCitaro G Bus yang merupakan bus bertenaga baterai. Daimler Trucks juga melengkapi kendaraan komersialnya dengan sistem keamanan terbaru yaitu Active Drive Assist 2 dan Active Sideguard Assist.

Mercedes-Benz GenH2, Truk Hidrogen Fuel-Cell

Stefan Buchner, Member of the Board of Management Daimler Truck AG and Head of Mercedes-Benz Trucks mengatakan, “Tujuan kami adalah membantu pelanggan dalam upayanya menjaga mobilitas dunia dan membuat mereka menjadi lebih sukses di tengah kondisi seperti sekarang.”

“The new Actros F dan Edition 2 merupakan bukti keseriusan kami dalam mencapai tujuan. Meski spesifikasi kedua model ini mungkin berbeda, keduanya secara sempurna memenuhi beragam permintaan perusahaan angkutan barang saat ini terkait efisiensi, fungsionalitas, kenyamanan, dan keselamatan,” tutupnya dalam konferensi pers virtualnya.

KOMENTAR (0)