Mobil Rusak, Hyundai Lakukan Recall dan Harus Bayar Denda

Mobil Rusak, Hyundai Lakukan Recall dan Harus Bayar Denda

Hyundai yang sempat melakukan penarikan kembali (recall) untuk model Sonata dan Santa Fe di Amerika Serikat (AS), dikabarkan harus membayar denda akibat kejadian tersebut. Recall tersebut terjadi pada tahun 2013 dan 2017.

Dikutip OtoBlitz.net dari Car and Driven, Senin (30/11), setelah penarikan dan penyelidikan dari pihak NHTSA selesai, Hyundai wajib membayar denda sebesar 54 juta dolar. Recall ini terkait masalah manufaktur yang menyebabkan keausan bearing dan kerusakan mesin.

“Keamanan pelanggan merupakan prioritas tertinggi dan kami mengambil tindakan segera untuk meningkatkan tanggapan kami terhadap masalah keamanan potensial,” kata Kepala Petugas Keselamatan, Hyundai Motor Amerika Utara, Brian Latouf.

Hyundai juga diharuskan untuk menginvestasikan dana sebesar 40 juta dolar Amerika Serikat untuk meningkatkan operasi keselamatan dan tunduk pada kemungkinan pembayaran yang ditangguhkan sebesar Rp 46 juta dolar.

“Kami sangat menghormati hubungan kolaboratif dan kooperatif dengan Departemen Perhubungan AS dan NHTSA, serta terus bekerja sama secara proaktif untuk mengidentifikasi dan menangani potensi masalah keselamatan,” ujar Latouf.

Investasi dalam operasi keselamatan itu termasuk membangun laboratorium pengujian dan inspeksi lapangan keselamatan di AS dan menerapkan sistem TI baru untuk menganalisis data keselamatan yang lebih baik.

KOMENTAR (0)