Mobil Terbang PAL-V Liberty Siap Dipasarkan

 

Mobil Terbang PAL-V Liberty Siap Dipasarkan

Sementara mayoritas masyarakat berpikir mobil otonom atau self-driving akan menjadi inovasi terbesar berikutnya did unia otomotif yang akan mengubah arah kehidupan modern di masa depan, sebuah perusahaan asal Belanda bernama PAL-V telah melangkah lebih jauh dengan merilis dari apa yang pada dasarnya sebuah mobil terbang versi produksi pertama di dunia.

Modelmobil terbang‘ ini diberi nama PAL-V Liberty, yang akan ditawarkan dalam dua trim yaitu Liberty Pioneer dan Liberty Sport. Mobil terbang ini sebelumnya telah lulus dari berbagai uji kelayakan serta regulasi yang diperlukan, dan berhasil melewati beragam rintangan dalam uji cobanya.

Mobil Terbang PAL-V Liberty Siap Dipasarkan

Rintangan paling jelas dari usaha mewujudkan PAL-V Liberty ini adalah teknik rekayasa dan alam, karena mobil terbang membutuhkan tim teknik khusus yang dapat membuatnya menjadi kenyataan, dengan bekerja ekstra merancang sebuah kendaraan yang dapat mengakomodir regulasi dan uji kelayakan baik untuk sebuah mobil sekaligus pesawat terbang.

“Setelah bertahun-tahun bekerja keras, mengalahkan tantangan teknis dan kualifikasi, tim kami akhirnya berhasil menciptakan sebuah mobil terbang yang inovatif, yang sesuai dengan standar keselamatan yang ada, yang telah ditentukan oleh badan regulasi di seluruh dunia,” kata Robert Dingemanse, CEO dari PAL-V.

Mobil Terbang PAL-V Liberty Siap Dipasarkan

PAL-V Liberty pada dasarnya adalah sebuah kendaraan roda tiga namun didesain layaknya sebuah helikopter, sehingga dapat melintasi jalanan biasa namun tetap dapat mengudara sewaktu-waktu dibutuhkan. PAL-V Liberty berkapasitas dua penumpang, dengan total berat kosong 1.413 lbs atau 640 kg.

Meskipun menggunakan bilah besi berputar seperti helikopter untuk membantunya terbang, PAL-V menekankan bahwa Liberty ini sebenarnya adalah sebuah girokopter, yang menggunakan baling-baling bertenaga angin untuk mengudara namun menggunakan mesin terpisah untuk daya dorongnya.

Mobil Terbang PAL-V Liberty Siap Dipasarkan

Karena alasan ini, berarti PAL-V Liberty masih butuh landasan pacu untuk lepas landas, walau yang dibutuhkan hanya landasan rumput atau aspal sepanjang minimal 600 kaki atau 182 meter. Dua mesin pesawat Rotax digunakan sebagai sumber tenaga: satu untuk daya dorong dan satu lagi untuk mengudara.

Ketika digunakan di jalan biasa, mesin pendorong PAL-V Liberty dapat menghasilkan power 100 tenaga kuda, sementara jika digunakan untuk terbang, mesin dapat memompa daya hingga 200 tenaga kuda, yang memungkinkan kecepatan udara antara 31 mph (50 km/jam) hingga 112 mph (180 km/jam), dengan ketinggian maksimal 11.000 kaki di udara, dan daya jelajah hingga 310 mil atau sekitar 499 km.

Mobil Terbang PAL-V Liberty Siap Dipasarkan

PAL-V Liberty telah mulai dipasarkan dengan banderol USD 399,000 (sekira Rp 5,31 milyar) untuk trim Sport, dan USD 599,000 (kisaran Rp 7,98 miliar) untuk trim Pioneer. Nah, Anda berminat? Saksikan dulu demo videonya dibawah ini, atau silakan kunjungi website resmi PAL-V disini. **MS/ Foto-foto: PAL-V

{source}
<iframe width=”640″ height=”360″ src=”https://www.youtube.com/embed/oWLhgSJaOnk” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>
{/source}

TAGS

KOMENTAR (0)