MotoGP Catalunya, Quartararo Podium Pertama

MotoGP Catalunya, Quartararo Podium Pertama

Balap MotoGP Catalunya telah berlangsung di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (27/9/2020). Hasilnya pebalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo menjadi yang tercepat. Pebalap asal Perancis tersebut menjadi yang tercepat dan finish di urutan pertama. Sementara Joan Mir kembali menggila dengan mengunci posisi runner-up usai ‘mengasapi’ Franco Morbidelli.

Morbidelli bahkan bisa juga dilewati Alex Rins, di lap terakhir dan membuat dua pebalap Suzuki bisa naik podium di balapan kali ini. Pada awal-awal balap, Franco Morbidelli mendapatkan start bagus dan langsung merebut posisi terdepan. Sementara Johann Zarco dan Andrea Dovizioso harus mengalami kecelakaan pada tikungan pertama lap awal.

MotoGP Catalunya, Quartararo Podium Pertama

Valentino Rossi berusaha menempel di belakang Morbidelli dengan jarak waktu sekitar 0,5 detik. Bisa dibilang posisi satu dan kedua adalah line-up untuk Petronas Yamaha musim depan. Quartararo, Miller, Mir, Pol Espargaro, dan Rins yang mengikuti di belakang Rossi perlahan semakin cepat. Pebalap berjuluk El Diablo bahkan berhasil menyalip Rossi di sisa 20 lap. Sementara di grup kedua, Espargaro memimpin Rins, Petrucci, Bagnaia dan lain-lain.

Quartararo semakin melesat dengan berhasil menyalip rekan setimnya, Morbidelli, pada sisa 16 lap. Pada sisa 14 lap, Morbidelli dan Rossi bisa menyamai kecepatan Quartararo. Rossi masih bertahan di posisi 3, mungkin untuk menyelamatkan kondisi bannya yang mulai menipis.

MotoGP Catalunya, Quartararo Podium Pertama

Pertarungan seru juga terjadi dalam perebutan posisi 6. Rins memimpin deretan KTM dan Ducati di belakangnya. Espargaro yang berada di grup kedua, bahkan harus terjatuh di tikungan 1 saat bertarung dengan Petrucci. Sisa 9 lap atau lap ke-16, Rossi harus terjatuh di tikungan ke-2.

Rossi kehilangan posisi keduanya dengan seketika. Podium ke-200 yang diimpikannya pada start ke-350 pun harus hilang. Dengan jatuhnya Rossi, Mir menempati urutan ketiga dan Miller keempat. Posisi Mir tentu saja bisa mengancam Morbidelli di depannya.

MotoGP Catalunya, Quartararo Podium Pertama

Sisa beberapa lap menjelang akhir, Mir hanya berselisih 0,6 detik dari Morbidelli. Mir bahkan nyaris mendahului Morbidelli dalam beberapa kesempatan. Sedangkan Quartararo terus memimpin dengan selisih 3 detik pada 5 lap tersisa.

KOMENTAR (0)