MotoGP Qatar 2021, Vinales Cemerlang

MotoGP Qatar 2021, Vinales Cemerlang

Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Maverick Vinales tampil cemerlang pada seri pembuka MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Ahad atau Senin dinihari, 29 Maret 2021. Ia berhasil melewati empat pembalap Ducati untuk membuka musim dengan kemenangan pertamanya di MotoGP 2021.

Dengan hasil itu, Vinales juga mengakhiri dominasi pembalap Ducati di Losail dalam dua tahun terakhir. Di sirkuit tersebut, Andrea Dovizioso, mampu tampil sebagai pemenang dalam dua musim terakhir MotoGP.

Vinales mengawali balapan dari posisi tiga. Pembalap asal Spanyol turun ke posisi lima memasuki tikungan pertama. Namun, ia berhasil menjaga jarak dan waktu dari pembalap Ducati Francesco Bagnia di barisan terdepan. Sejak lap ke-15, ia terlibat drama perebutan posisi di tiga besar bersama Bagnaia dan Johann Zarco.

MotoGP Qatar 2021, Vinales Cemerlang

Pada awalnya, Bagnaia mempertahankan posisi terdepan. Ducati juga menguasai empat posisi terdepan melalui Jack Miller, Johann Zarco, dan Jorge Martin sejak memasuki tikungan pertama. Namun, Vinales, dan rekan satu timnya, Fabio Quartararo, mampu menyalip Martin di lap ketiga, sedangkan Valentino Rossi harus turun ke posisi kesembilan karena disalip dua pembalap Suzuki, Alex Rins, dan Joan Mir.

Vinales melancarkan tekanan terhadap keunggulan Bagnaia di lap 14 di Tikungan 10, tetapi pembalap Ducati tidak mau menyerah begitu saja. Keduanya sempat berkontak saat melalui Tikungan 11. Namun, Vinales mampu mengungguli Bagnaia dan langsung unggul lebih dari setengah detik saat Bagnaia mengalami masalah pada grip.

Selain itu, juara bertahan Joan Mir sempat meringsek naik dari urutan ke-10 untuk meraih posisi kedua di belakang Vinales. Ia berhasil menyalip Zarco di Tikungan 15 di lap terakhir. Namun, ia melebar di tikungan terakhir dan membiarkan Zarco dan Bagnaia kembali ke tiga besar dan naik podium.

MotoGP Qatar 2021, Vinales Cemerlang

Juara dunia sembilan kali MotoGP,  Valentino Rossi tidak bisa mengubah posisi keempat dalam kualifikasi ke podium MotoGP ke-200 pada debut bersama tim Petronas Yamaha SRT. The Doctor harus puas berada di urutan ke-12 di belakang pembalap Honda Stefan Bradl.

KOMENTAR (0)