New Normal, DKI Jakarta Mulai Berlakukan Kembali CFD

New Normal, DKI Jakarta Mulai Berlakukan Kembali CFD

Mulai besok Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) mulai diberlakukan lagi di jalanan Jakarta. Itu artinya, jalur tersebut akan tertutup untuk kendaraan bermotor. Berdasarkan informasi Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, CFD akan diberlakukan di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta. Pengguna kendaraan bermotor seperti mobil dan motor dilarang melintas di jalan tersebut. HBKB diperuntukkan bagi warga yang akan berolah raga seperti bersepeda, lari dan berjalan kaki. CFD kali ini dipersingkat waktu pelaksanaannya, tepatnya pada Pukul 06.00-10.00 WIB.

New Normal, DKI Jakarta Mulai Berlakukan Kembali CFD

Selain kendaraan bermotor dilarang melintas, kegiatan partisipan dan pedagang juga tidak dibolehkan. Warga yang kurang sehat seperti demam tinggi, flu/batuk dan rentan terhadap penyebaran COVID-19 dilarang berada di area HBKB. Warga yang melanggar ketentuan itu bisa dikenakan sanksi sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 41 Tahun 2020.

Bagi warga yang beraktivitas di area HBKB agar disiplin dan mentaati protokol kesehatan, bagi warga yang belum sehat dan rentan terhadap penyebaran Covid-19 disarankan tetap berdiam diri di rumah dan menjaga kebugaran di rumah.

New Normal, DKI Jakarta Mulai Berlakukan Kembali CFD

Selain HBKB, Pemprov DKI Jakarta juga mendukung warganya menggunakan sepeda. Dalam beberapa hari terakhir di Jalan Sudirman-Thamrin dibuat jalur sepeda tidak permanen, yang disebut pop up bike line. Disepakati oleh Polda Metro Jaya dan Dishub DKI, jalur sepeda ini akan berlaku pagi dan sore setiap hari.

Sepanjang Senin sampai Jumat, jalur sepeda dibuka pukul 06.00-08.00 WIB dan pukul 16.00-18.00 WIB. Sementara pada Sabtu dibuka pukul 06.00-10.00 WIB dan sore pukul 16.00-19.00 WIB. Untuk Minggu pagi ditiadakan karena sudah akan diberlakukan lagi car free day. Namun begitu, jalur sepeda tersebut akan dibuka lagi sore sampai malam mulai 16.00 sampai 19.00 WIB.

KOMENTAR (0)