Nissan Punya Robot “Jago Kenteng”

Nissan Punya Robot "Jago Kenteng"

Bagi pemilik mobil Nissan lawas yang komponennya sudah tak lagi diproduksi secara massal, ada terobosan baru yang disuguhkan Nissan dengan mengembangkan cara baru menggunakan robot untuk membuat bagian-bagian mobil dari baja lembaran.

Nissan berharap untuk mengkomersialkan teknik ini yang dikenal sebagai pembentukan dieless dua sisi. Teknik ini melibatkan dua robot yang disinkronkan bekerja dari sisi yang berlawanan dari lembaran baja, menggunakan alat berlapis berlian untuk secara bertahap membentuk baja.

Nissan Punya Robot "Jago Kenteng"

Berkat produksi fleksibel, waktu tenggang pendek, dan biaya awal minimal, teknik baru ini dapat membuatnya layak secara komersial untuk memproduksi dan menjual berbagai macam suku cadang after-service dan penggantian dalam volume kecil untuk mobil yang tidak lagi diproduksi oleh Nissan.

Nissan Punya Robot "Jago Kenteng"

Hal ini sebelumnya tidak mungkin karena biaya awal yang tinggi dan waktu tenggang yang lama untuk mengembangkan dan membuat cetakan untuk bagian yang ditekan.

Nissan Punya Robot "Jago Kenteng"

Hingga saat ini, pembentukan dieless dua sisi telah dianggap terlalu sulit untuk dikomersialkan. Ini karena kompleksitas pemrograman dua robot untuk beroperasi secara serentak sambil memastikan kualitas yang konsisten.

Nissan Punya Robot "Jago Kenteng"

Teknik yang ada terutama mengandalkan pembentukan satu sisi, yang membatasi kompleksitas bentuk yang dapat dibuat. Dengan menempatkan robot dan alat di sisi yang berlawanan dari lembaran baja, mereka dapat membuat bentuk yang lebih sulit dan rinci.

Nissan Punya Robot "Jago Kenteng"

Teknik baru ini dimungkinkan berkat keahlian teknik produksi di Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknik Produksi Nissan, bersama dengan kemajuan teknologi bahan oleh Divisi Riset Nissan. Ini mewakili tiga terobosan besar:

・ Pengembangan program lanjutan yang mampu mengendalikan kedua robot dengan tingkat akurasi dimensi yang tinggi, memungkinkan pembentukan detail bentuk cembung dan cekung.
・ Penerapan lapisan berlian cermin pada alat, mengurangi gesekan sekaligus menghilangkan kebutuhan akan pelumasan. Ini memiliki banyak manfaat, termasuk konsistensi kualitas permukaan dan operasi ramah lingkungan berbiaya rendah.

Nissan Punya Robot "Jago Kenteng"

Generation Generasi logika pathfinding yang dioptimalkan untuk robot, menggambar pada keahlian yang cukup dan teknik simulasi pembentukan pers yang biasanya digunakan oleh tim teknik produksi Nissan. Ini memungkinkan Nissan untuk mencapai hasil berkualitas tinggi di awal proses pengembangan.

Nissan berencana untuk terus mengejar kemajuan dalam produksi massal sambil juga mendedikasikan sumber daya R&D untuk mengasah teknik produksi volume rendah yang fleksibel. [KCH]

KOMENTAR (0)