Panduan Ringan Pahami Kode Oli Motor, Jadi Acuan Memilih Pelumas

Panduan Ringan Pahami Kode Oli Motor, Jadi Acuan Memilih Pelumas

Pelumas atau oli merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Namun, dalam penggunaannya tidak boleh sembarangan. Pemilik kendaraan harus memperhatikan petunjuk yang direkomendasikan pabrikan.

Pelumas yang mempunyai spesifikasi yang baik harusnya menjadi pilihan untuk melumasi sepeda motor. Apalagi jenis sepeda motor sekarang juga bermacam-macam, ada yang memakai karburator dan injeksi. Selain itu, ada sepeda motor bertransmisi manual (kopling), semi otomatis dan matik (otomatis).

Seiring dengan inovasi teknologi produsen otomotif dalam membuat sepeda motor yang lebih efisien dan lebih tinggi. Pelumas pun mengikuti perubahan tersebut dengan menghadirkan jenis oli terbaru. Salah satu pelumas yaitu Sinexo Oil dengan spesifikasi 10W-40.

Sebagai informasi, SAE atau Society of Automotif Engineers yang biasa dikodekan pada kemasan pelumas adalah standar viskositas atau kekentalan oli pada suhu tertentu pada motor.

Semisal pada kemasan tertulis SAE 5W-40 yang berarti tanda 5W (Winter) bahwa pada suhu rendah (dingin) oli akan tetap memiliki kekentalan 5 dan pada suhu tinggi (panas) oli akan berada pada tingkat kekentalan 40, begitu pula dengan kode 15W-50 maka pada suhu terendah oli akan memiliki derajat kekentalan sebesar 15 dan pada suhu tertinggi oli memiliki tingkat kekentalan 50.

Seperti hal yang jamak untuk motor di bawah tahun 2000 dikenal SAE 20W-50. Oli ini biasanya sering digunakan jenis motor lawas. Kekentalan yang tinggi dibutuhkan untuk jenis motor bakar teknologi lama.

Sedangkan untuk motor jenis baru viskositas oli lebih encer, dimana bagian clereance mesin lebih sempit sehingga butuh pelumas dengan SAE yang lebih encer. Nah, spesifikasi 10W-40 yang dimiliki Sinexo Oil cocok untuk motor keluaran baru.

Panduan Ringan Pahami Kode Oli Motor, Jadi Acuan Memilih Pelumas

Sinexo Gasoline Engine Oil 10W-40 diklaim merupakan oli ramah lingkungan yang mampu merawat mesin kendaraan sangat baik. Dengan green nano technology pada oli sinexo memberikan perlindungan terbaik untuk mesin kendaraan serta menghasilkan emisi gas yang lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Selain memiliki pelumas kendaraan untuk harian, Sinexo juga menghadirkan pelumas untuk kompetisi, Sinexo Racing. “Sinexo Racing ini dikembangkan untuk kendaraan dan motor berbahan bakar bensin yang mengutamakan akselarasi pada putaran rendah dan putaran tinggi dengan performa mesin yang stabil,” kata Aep Dadang, crosser nasional yang ikut terlibat menciptakan pelumas Sinexo Racing.

Untuk harga, Sinexo 10W-40 1-liter dibanderol dengan harga Rp 77 ribu, Sinexo Racing 1-liter Rp 231 ribu. Lalu, ada juga pelumas untuk mesin diesel Sinexo Diesel 15-40 1-liter Rp  77 ribu dan Sinexo Diesel 15-40 1 galon 5-liter Rp 319 ribu.

KOMENTAR (0)