Pelek Mobil Anda Rusak, Begini Cara Mengatasinya

Pelek Mobil Anda Rusak, Begini Cara Mengatasinya

Beberapa pemilik mobil belum menganggap penting pengecekan pelek. Selain kotor karena letaknya di bawah, AutoFamily kerap kali berasumsi bahwa pelek mobilnya tidak mungkin rusak mengingat terbuat dari bahan alloy atau besi yang kuat. Padahal pelek tetap memiliki potensi rusak jika bermasalah, terutama di musim hujan yang mengakibatkan banyak jalan berlubang.

Sekuat apapun bahan pembuat pelek, tetap ada kemungkinan pelek mobil rusak karena tersandung masalah. Dalam beberapa kasus, pelek depan yang rusak akan menyebabkan getaran di kemudi. Tapi umumnya kerusakan pelek tidak akan dapat dirasakan kecuali di saat bersamaan ban juga rusak seperti pecah atau benjol. Oleh karenanya, segera tepikan mobil dan periksa kondisi ban dan pelek setelah mobil menabrak lubang atau gundukan jalan dengan kecepatan tinggi dan berpotensi merusak keduanya. Setidaknya ada 2 hal yang bisa menyebabkan pelek rusak atau performa pelek menjadi menurun diantarannya.

Pelek Mobil Anda Rusak, Begini Cara Mengatasinya

Pertama, Tekanan Angin Ban Kurang. AutoFamily dapat memeriksa pelek mobil secara rutin bersamaan dengan pengecekan tekanan angin ban. Pelek memiliki risiko besar untuk rusak kalau tekanan angin ban mobil kurang dari standar karena goncangan ban akan diteruskan ke pelek, terutama mobil dengan ban yang tipis atau tidak menggunakan ban standar. Menimbang risiko tersebut, Autofamily disarankan untuk menggunakan ban standar dan menerapkan prinsip safety driving untuk mengurangi risiko ban mobil melindas lubang dengan kecepatan tinggi.

Kedua, Pelek Retak. Selama hanya kerusakan ringan seperti baret karena terkikis trotoar, kerusakan pada pelek masih dianggap wajar. Tapi kalau sudah terlihat ada keretakan atau permukaan pelek sudah tak bulat sempurna, disarankan untuk mengganti dengan pelek baru. Jangan berspekulasi dengan memperbaikinya sendiri karena konstruksi pelek sudah berubah dan sulit untuk bisa kembali normal seperti sediakala yang akan mempengaruhi sistem pengendalian dan kenyamanan mobil, akan sangat berbahaya jika diabaikan lantaran dapat mengakibatkan kecelakaan.

Lakukan penggantian pelek baru di bengkel Auto2000 untuk memastikan AutoFamily mendapatkan pelek asli Toyota supaya terjamin kualitasnya. Sembari itu, AutoFamily bisa meminta kepada petugas Auto2000 untuk melakukan pengecekan seluruh ban dan pelek dari potensi kerusakan, termasuk menjalankan proses spooring dan balancing.

Pelek Mobil Anda Rusak, Begini Cara Mengatasinya

Promo PADUKA Auto2000

Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 menawarkan program pembelian mobil baru lewat Promo PADUKA (Promo Auto2000 Dua Kali Untungnya). AutoFamily bisa membeli Toyota New Agya dengan DP mulai dari Rp 25 jutaan atau cicilan mulai dari Rp 2,7 jutaan, New Calya dengan DP mulai dari Rp 23 jutaan atau cicilan mulai dari Rp 2,7 jutaan, dan Avanza DP mulai dari Rp 24 jutaan atau cicilan mulai dari Rp 3,7 jutaan

Tidak hanya itu, AutoFamily memperoleh kesempatan untuk mengikuti lucky draw untuk mendapatkan 1 unit Toyota Voxy atau iPhone 12 Mini. Spesial untuk pembelian melalui Auto2000 Digiroom masih ada keuntungan tambahan berupa hadiah langsung UV Light Disinfection Lamp dan uang elektronik senilai Rp 500 ribu untuk pembelian secara kredit. Pembelian dengan trade-in atau tukar tambah akan mendapatkan benefit cash back senilai Rp 5 juta. Syarat dan ketentuan berlaku untuk semua promo tersebut.

KOMENTAR (0)