Quant e-Sportlimousine Debut di Geneva Motor Show 2014

Quant e-Sportlimousine Debut di Geneva Motor Show 2014

Ajang 84th Geneva Motor Show 2014 tak lama lagi digelar. Di ajang otomotif kelas dunia yang akan berlangsung tanggal 6-16 Maret mendatang ini, nanoFlowcell AG –sebuah perusahaan riset teknologi tinggi yang berbasis di Liechtenstein– dikabarkan akan menampilkan mobil hasil riset pertama mereka yang mengusung fitur canggih, yang disebut ‘nanoFlowcell Drive’.

Dilansir dari Autoblog, mobil ini diberi label Quant e-Sportlimousine, dan dirancang untuk menampilkan inovasi terbaru perusahaan tersebut di bidang transfer energi, penyimpanan serta perawatan tenaga listrik.

Quant e-Sportlimousine Debut di Geneva Motor Show 2014

Sebelumnya, produsen supercar Swedia Koenigsegg yang bermitra dengan NLV Solar AG pernah menampilkan konsep ‘Quant by Koenigsegg’, di ajang Geneva Motor Show 2009. Saat itu, Quant mengusung sistem propulsi eksklusif besutan NLV yang disebut Flow Accumulator Energy Storage (FAES). Meski sangat kompleks, mesin Quant diklaim mampu menghasilkan tenaga 512 hp pada torsi 527 lbs, dengan kisaran jarak tempuh 300 mil untuk pengisian daya selama 15-20 menit. Walau tampak menjanjikan, namun prototipe Quant saat itu masih belum terwujud.

Kini, konsep Quant dihadirkan kembali oleh nanoFlowcell AG walau dengan sedikit perbedaan. Quant e-Sportlimousine didukung oleh drivetrain yang dijuluki ‘nanoFlowcell Drive’, yang merupakan sistem penyimpanan energi listrik berteknologi canggih yang belum pernah ada sebelumnya, dan diharapkan dapat memicu ide-ide baru dan inovatif dalam penelitian tentang sistem pengembangan baterai mobil, khususnya di bidang teknologi nano-cell.

Quant e-Sportlimousine Debut di Geneva Motor Show 2014

Quant e-Sportlimousine memiliki ukuran panjang sekitar 17,2 kaki (5,25 meter) dan berkapasitas empat penumpang dewasa. Menilik dari namanya, Quant e-Sportlimousine diperkirakan bakal mengusung fitur sportscar yang bertenaga dipadukan dengan kenyamanan sebuah limousine. Namun, sejauh ini nanoFlowcell AG masih belum merilis secara resmi spesifikasi lengkap Quant e-Sportlimousine mereka.

Quant e-Sportlimousine dipastikan akan membuat debut publiknya mulai 6 Maret di booth nanoFlowcell AG di Hall 4, Geneva Motor Show 2014. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)