Rifat Sungkar Juara Umum Kejurnas Sprint Rally 2021

Rifat Sungkar Juara Umum Kejurnas Sprint Rally 2021

Rifat Sungkar berhasil menasbihkan dirinya menjadi Juara Umum Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2021 setelah menuntaskan Putaran ke 4 dengan berada di podium ketiga.

Putaran pamungkas ajang sprint rally nasional itu berlangsung selama dua hari di Meikarta, Karawang, Jawa Barat, 26-27 November 2021. Melombakan 4 Special Stage, ajang yang menghadirkan kombinasi lintasan aspal dan gravel tersebut berlangsung sangat kompetitif.

Rifat Sungkar Juara Umum Kejurnas Sprint Rally 2021

Rifat Sungkar dan navigator M. Redwan tampil cukup konsisten pada setiap SS. Meski sempat mengalami kendala, Rifat mampu menjaga penampilannya dengan strategi yang jitu. Pada SS1, Rifat bersama Mitsubishi Xpander AP4 melaju tanpa beban mengingat posisinya di klasemen umum Kejurnas sudah tak tergoyahkan. Di stage pembuka itu Rifat mencoba membaca penampilan para pesaingnya sembari mempersiapkan strategi di tiga SS berikutnya.

Di SS2, ketika memutuskan untuk tampil all out,  mobil yang dikendarai Rifat mengalami kendala di bagian throttle censor setelah terkena benturan keras di area gravel. Akibatnya mobil sempat mati beberapa kali dan membuat catatan waktu tidak memenuhi harapan.

Rifat Sungkar Juara Umum Kejurnas Sprint Rally 2021

Menyadari masalah yang dihadapi, strategi yang diambil Mitsubishi Xpander Rally Team pun mengalami perubahan. Rifat dan Redwan tidak mau memaksakan diri untuk tampil habis-habisan. Mereka mencoba menjaga catatan waktu agar tidak tertinggal jauh dari lawan-lawannya.

“Kami kemudian mengubah strategi yaitu mempertahankan posisi dengan menjaga pace, agar tidak tertinggal dari kompetitor di depan maupun terkejar oleh lawan di belakang,” papar Rifat.

Rifat Sungkar Juara Umum Kejurnas Sprint Rally 2021

Strategi tersebut membuahkan hasil. Rifat dan Redwan yang konsisten menjaga kecepatan berhasil mengakhiri lomba di podium ketiga. Posisi itu membuat pasangan Rifat Sungkar dan M. Redwan kembali sukses membawa Mitsubishi Xpander AP4 menjadi Juara Umum Kejurnas Sprint Rally 2021.

Keberhasilan Rifat Sungkar dan M. Redwan bertengger di posisi puncak ajang Sprint Rally Nasional setelah sebelumnya sukses menjuarai Putaran 1 yang berlangsung di Tanjung Lesung dan Putaran 3 di Sentul. Sementara di Putaran 2 berada di podium runner up dan Putaran 4, Rifat berada di podium 3.

KOMENTAR (0)