Suzuki Nex Crossover, Seru Diajak Main Tanah

Suzuki Nex Crossover, Seru Diajak Main Tanah

Suzuki Nex Crossover memberikan warna baru untuk segmen skutik bergaya adventure. Sebelumnya, di segmen ini lebih dulu diisi oleh Yamaha X-Ride dan Honda Beat Street.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W, Rabu (2/12), memberikan kesempatan kepada OtoBlitz.net untuk menjajal kemampuan skutik yang mengambil basis dari Suzuki Nex II ini. Dengan mengambil rute pendek di sekitar Sentul City, Bogor, Jawa Barat, Nex Crossover ini diajak melahap aspal mulus, hingga tanah merah, gravel dan lumpur.

Sebenarnya hanya penambahan fitur yang ada pada Nex Crossover ini atau pengembangan dari Nex II Cross. Mulai dari penambahan fitur dan penampilan yang lebih kekinian, Nex Crossover ini menjadi skutik yang seru diajak berpetualang.

Suzuki Nex Crossover, Seru Diajak Main Tanah

Panel di bagian setang juga lebih canggih dengan penggunaan Digital Instrument Cluster. Di dalam layarnya, pengendara dapat membaca kecepatan, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, voltase baterai, indikator sistem FI, indikator lampu, serta petunjuk waktu.

Dengan ground clearance tinggi 150 mm, Nex Crossover terbilang masih mampu dengan baik melewati sesi pengetesan. Pada kondisi kering dijalanan aspal mulus, motor ini termasuk mempunyai redaman suspensi yang nyaman.

Suzuki Nex Crossover, Seru Diajak Main Tanah

Untuk sektor kaki-kaki, penggunaan ban IRC dengan ukuran  80/90-14 untuk bagian depan dan 90/90-14 di bagian belakang dengan tipe tubeless.

Posisi riding Nex Crossover ini terbilang santai dengan posisi tangan melebar karena penggunaan setang telanjang yang lumayan lebar. Posisi kaki di dek juga terbilang cukup tinggi.

Ketika memasuki jalur off-road ringan, Nex Crossover ini seperti bertemu dengan habitat sesuai penampilannya. Skutik Suzuki yang terkenal minim getaran sudah terasa sejak melaju kencang di lintasan aspal. Redaman suspensi cukup membantu pengendalian di trek bebatuan pasir, hingga trek basah berlumpur.

Suzuki Nex Crossover, Seru Diajak Main Tanah

Suzuki Nex Crossover ini coba diajak melibas kubangan. Hasilnya, mesin bertransmisi CVT otomatis ini memberikan tendangan yang cukup kuat untuk membantu keluar dari kubangan.

Sayangnya, area bagasi di bawah jok terasa masih kurang memadai karena mempunyai ukuran sangat kecil. Tapi hal itu dibantu dengan adanya kompartemen di area depan, tepatnya dibawah setang seperti cup holder atau tempat penyimpanan tambahan.

Suzuki Nex Crossover, Seru Diajak Main Tanah

Suzuki Nex Crossover ditawarkan dengan harga Rp 17.990.000 (on the road DKI Jakarta). Tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu Stronger Red-Titan Black dan Solid Black.

Spesifikasi Suzuki Nex Crossover

MESIN SOHC, 2 Klep
Kapasitas 113 cm
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Transmisi CVT
DIMENSI
Panjang 1.890 mm
Lebar 765 mm
Tinggi 1.055 mm
Bobot 94 kg
Ban Depan 80/90 – 14 inci
Ban Belakang 90/90 – 14 inci
Kapasitas tangki 3,6 liter

Suzuki Nex Crossover, Seru Diajak Main Tanah

KOMENTAR (0)