Toyota Bangun ‘Eco Gallery’ di Berbagai Sekolah di Indonesia

Toyota Bangun 'Eco Gallery' di Berbagai Sekolah di Indonesia

Sebagai wujud komitmen yang kuat terhadap pelestarian lingkungan dan mendorong ‘Green Mindset’ khususnya di kalangan generasi muda Indonesia, Toyota telah membangun 32 ‘Eco Gallery’ yang tersebar di berbagai wilayah di tanah air. Toyota Eco Gallery merupakan merupakan fasilitas pembelajaran yang ditunjang teknologi informasi dalam satu tempat terintegrasi di sekolah, serta didukung fasilitas ruang meeting, multimedia, display Reduce, Reuse, Recycle, perpustakaan dan ruang baca, jaringan internet, hingga zona musik.

Toyota Eco Gallery adalah fasilitas percontohan dari program lomba berbasis lingkungan bagi siswa SMA dan sederajat, Toyota Eco Youth. Pembangunan Eco Gallery merupakan bentuk apresiasi Toyota atas partisipasi aktif dan keikutsertaan sekolah-sekolah dalam program Toyota Eco Youth selama ini.

Toyota Bangun 'Eco Gallery' di Berbagai Sekolah di Indonesia

Ke-32 Eco Gallery dibangun dalam tiga tahapan dan didonasikan Toyota Indonesia untuk pembangunan fasilitas pembelajaran berbasis lingkungan. Tahapan pertama dimulai pada 2011 dengan pembangunan fasilitas pembelajaran di delapan sekolah di kota Pekanbaru, Palembang, Jogjakarta, Malang, Madiun, Gresik, Banjarmasin, hingga Manado.

Tahap kedua dilakukan pada tahun 2014 dengan membangun fasilitas pembelajaran di 14 sekolah di kota Medan, Palembang, Jakarta, Bandar Lampung, Bandung, Semarang, Mojokerto, Surabaya, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, dan Makassar, sementara pada tahun 2017, Eco Gallery tahap ketiga dilanjutkan dengan pembangunan Toyota Eco Gallery di 10 sekolah di kota Jakarta, Karawang, Bandung, Yogyakarta, Blora, Surabaya, Ubud, dan Denpasar.

Toyota Bangun 'Eco Gallery' di Berbagai Sekolah di Indonesia

Hari ini, ke-10 Eco Gallery tahap ketiga secara resmi dibuka, dimana peresmiannya secara simbolis dilaksanakan di SMAN 9 Surabaya. Peresmian ini dihadiri jajaran manajemen Toyota-Astra Motor, ke-10 perwakilan sekolah, dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. President Director PT Toyota-Astra Motor, Yoshihiro Nakata, menyebutkan bahwa Toyota tidak hanya memiliki komitmen penuh pada pengembangan bisnis yang baik dan sehat, namun juga memiliki kepedulian pada perbaikan masyarakat dan lingkungan demi membangun Indonesia yang lebih baik.

“Program kontribusi sosial kami lakukan dalam semangat Toyota Berbagi, yang diwujudkan melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang terdiri dari empat pilar, yaitu Lingkungan, Pendidikan, Keselamatan Berkendara, dan Pemberdayaan Masyarakat,” ujar Nakata dalam keterangan resminya.

Toyota Bangun 'Eco Gallery' di Berbagai Sekolah di Indonesia

Khusus di bidang Lingkungan, Toyota Indonesia adalah salah satu perusahaan yang konsisten berkontribusi dalam berbagai program pelestarian misalnya saja melalui program Toyota Car for Tree dan Toyota Eco Youth. Salah satu program yang secara konsiten dilaksanakan Toyota Indonesia sejak 2005 adalah TEY, yaitu lomba peningkatan kesadaran lingkungan dan ide-ide pelestarian lingkungan yang melibatkan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas dan sederajat dan bertujuan untuk menjadikan para siswa tersebut sebagai agen dari lingkungan hidup.

“Selamat kepada sekolah-sekolah terpilih atas dibangunnya Toyota Eco Gallery yang merupakan sarana pendukung yang dapat membantu pengembangan kreativitas para siswa SMA dan sederajat dalam upaya pelestarian lingkungan. Harapan kami, Eco Gallery dapat mendukung dan mendorong ‘Green Mindset’ para siswa dan masyarakat di sekitarnya,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Toyota Bangun 'Eco Gallery' di Berbagai Sekolah di Indonesia

Kedepannya, Henry melanjutkan, Toyota Indonesia berkomitmen untuk terus melakukan improvement terhadap aktivitas CSR terutama di bidang lingkungan. Salah satunya, dengan melanjutkan dan terus mengembangkan program Toyota Eco Youth ini. **MS/ Foto-foto: Dok.

TAGS

KOMENTAR (0)